Date:

Share:

Penulisan Paper Tingkatkan Intelektualitas Siswa Kelas 6 KMI

Related Articles

DARUSSALAM — Di tengah-tengah kesibukan membantu Panitia Ujian Akhir Tahun sebagai penguji Ujian Syafahi, siswa kelas 6 Kulliyatu-l-Mu'allimin Al-Islamiyah (KMI) mulai memfokuskan diri pada penulisan makalah ilmiah atau biasa disebut dengan paper. Hal ini ditandai dengan diadakannya acara pengarahan penulisan paper yang dipandu Ustadz Khoirul Umam, M.Ec. di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), Selasa (6/7) malam. Seluruh siswa kelas 6 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor yang kini jumlahnya mencapai 678 orang siswa (jumlah siswa kelas 6 di Gontor 1-red) tersebut diharuskan mengikuti acara pengarahan yang juga dihadiri para ustadz pembimbing kelas 6.

Makalah yang akan ditulis berkaitan dengan materi aqidah, fiqih atau tarbiyah. Mereka diharuskan untuk memilih salah satu dari ketiga materi tersebut yang kemudian diajukan kepada ustadz pembimbing atau wali kelas masing-masing. Makalah tersebut akan dikoreksi dan dinyatakan lulus jika memenuhi kriteria yang telah ditentukan sesuai dengan standar penulisan karya tulis ilmiah.

Paper yang dikumpulkan menjelang acara Rihlah Tarbawiyah siswa kelas 6 tersebut merupakan syarat mengikuti yudisium kelulusan bagi siswa kelas 6 KMI. Di samping itu, dengan adanya program penulisan paper ini, siswa kelas 6 dapat mengisi waktu luangnya di saat segenap siswa kelas 1-5 berjibaku menghadapi ujian mereka. Pada saat inilah, mereka akan menghabiskan waktu yang ada dengan membenamkan diri di perpustakaan, mencari dan melengkapi bahan tulisan paper sesuai dengan judul yang diajukan. shah wa 2010

Popular Articles