Date:

Share:

Penulis Buku Api Sejarah Kunjungi Gontor

Related Articles

GONTOR – Rabu pagi (3/10), Prof. Ahmad Mansur Suryanegara, penulis buku Api Sejarah kunjungi Pondok Modern Darussalam Gontor. Beliau bersilaturahim dengan Pimpinan PMDG di Kantor Pimpinan pada pukul 10.00 WIB. Kunjungannya kali ini, tekait undangan dari Universitas Darussalam Gontor yang mengadakan seminar nasional bertemakan Sejarah Islam di Nusantara pada hari Kamis (4/10). Dalam kunjungannya beliau didampingi oleh sang istri.

KH. Hasan Abdullah Sahal menyambut baik kedatangan pakar sejarah perjuangan ulama dan santri di Nusantara ini. Beliau menyampaikan kepada Prof. Mansur bahwa inti dari berdirinya Pesantren adalah untuk membentengi umat dari penjajahan dan kekafiran. Maka, tak heran jika pada masa-masa pejuangan Bangsa Indonesia melawan penjajah, santri berdiri di garda terdepan untuk melakukan perlawanan. Hal ini diaminkan oleh Prof. Mansur yang pada tahun ini usianya sudah menginjak 87 tahun.

Pada kesempatan itu, tak lupa Prof. Mansur menunjukkan kepada KH. Hasan Abdullah Sahal dan KH. Syamsul Hadi Abdan hasil karya tulisnya, yakni Buku Api Sejarah 1 dan 2. Di dalam Api Sejarah 1, Prof. Mansur sempat membahas tentang Trimurti Pendiri PMDG, dan sepak terjang Gontor secara umum. Bahkan, di cover Api Sejarah 1 dimuat kata pengantar dari salah satu Pimpinan PMDG, yaitu Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A. Sebelum kembali ke UNIDA, beliau menyempatkan untuk menjenguk Dr. K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A. di kediamannya.

Setelah berbincang cukup lama, Prof. Mansur berpamitan sekaligus memohon doa dan dukungan, untuk penulisan karya-karya berikutnya. Ia berharap, dengan karya-karyanya, para pemuda Indonesia betul-betul mengetahui sejarah Indonesia yang sebenarnya, dimana umat Islam memiliki peran yang sangat besar dalam terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. ”Bangsa Indonesia harus tahu api dari sejarah, bukan hanya abunya.” tegas Prof. Mansur.brada

 

Popular Articles