Date:

Share:

Pentingnya Pengetahuan Ibadah Haji Bagi Santri, PMDG Adakan Praktik Manasik Haji

Related Articles

DARUSSALAM- Selain menerangkan materi pelajaran di dalam kelas, santri juga bisa memperdalam pemahaman mereka dengan diadakannya praktik. Pasalnya, tidak semua pelajaran mudah diserap dan dipahami hanya dengan penjelasan di papan tulis saja. Beberapa materi membutuhkan demonstrasi langsung dari yang mereka pelajari, atau biasa dikenal dengan learning by doing.

Salah satu materi yang memerlukan pelatihan atau praktik langsung dari pengajar adalah materi pelaksanaan Ibadah Haji. Materi tersebut tergolong sulit dipahami jika hanya mengandalkan penjelasan guru dari buku pelajaran saja. Alhasil, KMI mengambil inisiatif untuk mengadakan Praktik Manasik Haji khusus untuk siswa kelas 1 dan 1 Intensif.

Praktik pelaksanaan Thawaf dalam ibadah Haji.

Kegiatan praktik tersebut diadakan selama 4 hari, mulai dari hari Sabtu (14/1) sampai dengan hari Selasa (17/1). Praktik Manasik Haji diadakan pada jam pertama dan kedua bagi siswa kelas 1, dan dilanjutkan pada jam ketiga dan keempat untuk siswa kelas 1 Intensif. Setiap kelas akan ditemani dan dibimbing langsung oleh guru pengajar mereka masing-masing, ditambah dengan staf KMI dan guru senior yang ikut membantu menyukseskan program tersebut.

Bimbingan dari guru pengajar pada kegiatan Manasik Haji.

Sebelumnya, para guru pengajar sudah terlebih dahulu mendapat pembekalan dan pelatihan singkat sebelum terjun langsung ke santri. Tak cukup sampai di situ, KMI juga menayangkan video simulasi Ibadah Haji kepada para guru pengajar dan juga seluruh peserta manasik Haji tersebut. Hal tersebut merupakan upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahan selama berlangsungnya kegiatan praktik.

Dengan adanya praktik tersebut, para santri diharap dapat memahami serba-serbi pelaksanaan Ibadah Haji yang benar dan sesuai dengan ajaran Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Sehingga nantinya mereka memiliki bekal ilmu yang cukup, serta mampu menjawab permasalahan dan pertanyaan yang ada ketika mereka berkiprah di masyarakat.

(Berita: Mahadi, Foto: Nasyafa, Editor: Husain, Review: Riza Ashari).

Artikel Terkait:

Tingkatkan Pemahaman Islam Melalui Praktik Manasik Haji

PP IKPM dan FKTMD Menyelenggarakan Pelatihan Fiqh Ilmu Falak

Mengembangkan Kemampuan Beribadah, FKTMD-PP. IKPM Adakan Pelatihan Adzan, Imamah, dan Tahsinul Qira’ah

Popular Articles