Date:

Share:

Pengecoran Perdana Menara Masjid Gontor

Related Articles

Gontor – Sebagaimana telah di singgung oleh bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) KH. Hasan Abdullah Sahal dalam pertemuan arisan guru-guru senior pada Ahad Pahing minggu yang lalu bahwasannya agenda terdekat Pondok saat ini adalah pengecoran Perdana Menara Masjid (PMDG).

Pada awal proses pembongkaran menara yang lama dan juga penanaman tiang pancang Menara, Pondok Modern Darussalam Gontor menggaet PT. CALVARY ABADI. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1990, saat ini berkantor pusat di Mojokerto yang pada awalnya berisi sebagai perusahaan pemecah batu sebelum berubah menjadi perusahaan perseroan terbatas.

Sementara pengecoran menara masjid ini dikerjakan mulai tanggal 25 Agustus 2017 tepat setelah shalat jum’at. Pengecoran ini sendiri akan berjalan selama 24 jam tiap harinya dan para pekerja proyek ini juga dibagi menjadi 2 bagian, kelompok pertama mulai bekerja dari jam 08.00 WIB sampai 20.00 WIB dan kelompok pekerja bagian kedua bekerja mulai jam 20.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB pagi harinya. Pengecoran ini sendiri harus berlangsung selama 24 jam non stop karena setiap jamnya akan ada penambahan 20 CM dengan sistem pres SLIPFORM.

Sistem pengecoran menggunakan SLIPFORM ini merupakan salah satu teknologi yang di gunakan mengadopsi teknologi dari Australia. Dan saat ini juga telah masuk di Indonesia dan salah satu kontraktor yang sudah memiliki teknologi ini adalah PT L & M System Indonesia yang saat ini di kontrak oleh PMDG dalam pengerjaan menara Masjid Gontor.

Pengecoran dinding menara pula harus di semprot dengan cairan kimia khusus (istilah: Couring) untuk menghindari keretakan yg terdapat pada dinding saat pengecoran. Cairan tersebut memang harus di gunakan karena posisi menara yang berdiri vertikal dan tidak dapat menggunakan air sebagai media untuk mengatasi dan menanggulangi kemungkinan keretakan pada dinding.

Popular Articles