Date:

Share:

Pengarahan Umum Awali Amaliyah Tadris

Related Articles

GONTOR—Siswa Akhir Kulliyatu-l-Mu'allimin Al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor telah memasuki masa-masa Amaliyah Tadris (praktek mengajar-red) dengan dimulainya pengarahan tentang pelaksanaan Amaliyah Tadris, Sabtu (23/5) ini. Pengarahan umum yang disampaikan ketiga Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor itu menggambarkan dasar-dasar pendidikan dan pengajaran di Gontor. Dengan ini, Siswa Akhir KMI akan menyadari betapa pentingnya mengajar sebagai bentuk belajar yang paling efektif bagi seorang penuntut ilmu.

Pengarahan yang diadakan di Balai Pendidikan Pondok Modern (BPPM) itu dijadwalkan berlangsung selama dua hari, Sabtu-Ahad (23-24 Mei 2009), dihadiri oleh seluruh musyrif (pembimbing-red) yang terdiri dari guru tahun ke-5 ke atas dan para asatidz pembimbing dari seluruh pondok cabang. Adapun Siswa Akhir yang berada di pondok-pondok cabang tidak diharuskan untuk mengikuti pengarahan ini. Sebabnya, mulai tahun ini, setiap pondok cabang diberikan tanggung jawab untuk mengadakan Amaliyah Tadris di tempat masing-masing.

Hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, seluruh Siswa Akhir KMI dari seluruh pondok cabang berkumpul di Gontor 1 untuk mengikuti Amaliyah Tadris perdana sekaligus melaksanakannya. Bukan hanya itu, mereka juga harus mengikuti karantina bersama-sama di BPPM selama praktek mengajar berlangsung hingga berakhirnya ujian akhir KMI. Bahkan, kegiatan rihlah tarbawiyah iqtishadiyah (study tour-red) menjelang bulan suci Ramadhan pun wajib diikuti dan berpusat di Gontor 1. Adapun tahun ini, seluruh kegiatan Siswa Akhir KMI dilaksanakan di pondok masing-masing termasuk pembekalan Siswa Akhir KMI.

“Selain untuk mendidik pondok-pondok cabang, pelaksanaan kegiatan Siswa Akhir menjelang yudisium seperti Amaliyah Tadris, ujian akhir KMI, rihlah, pembekalan Siswa Akhir KMI di pondok masing-masing juga bertujuan agar pondok-pondok cabang dapat merasakan bagaimana caranya melaksanakan acara tersebut. Di samping itu, Siswa Akhir KMI yang berada di pondok cabang tidak perlu menyibukkan diri dengan berangkat ke Gontor berkali-kali. Tahun ini, mereka cukup sekali saja ke Gontor, yakni ketika acara yudisium pada bulan Ramadhan nanti,” jelas Al-Ustadz K.H. Syamsul Hadi Abdan, S.Ag. ketika menyampaikan tau'iyah setelah shalat Maghrib di Masjid Pusaka, Kamis (21/5).

Adapun Siswi Akhir KMI yang berada di Pondok Modern Darussalam Gontor  Putri telah melaksanakan Amaliyah Tadris perdana, Kamis (21/5). Sebelumnya, pengarahan umum berkenaan dengan Amaliyah Tadris telah disampaikan oleh Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, Al-Ustadz K.H. Syamsul Hadi Abdan, S.Ag., Senin (18/5) lalu.

Popular Articles