Date:

Share:

Pemilihan Ketua Konsulat Mendidik Jiwa Kepemimpinan

Related Articles

GONTOR-Pendidikan kepemimpinan sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari totalitas pendidikan di Gontor. Di semua sisi kehidupan santri selalu ada organisasi, dan di setiap organisasi  dipimpin oleh ketua. Begitu pula di Konsulat. Jum’at (22/7) semua konsulat di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengadakan pemilihan konsulat serentak. Setiap konsulat menempati tempat pemilihan yang ditentukan langsung oleh staf Pengasuhan Santri.

Yang menjadi calon ketua konsulat adalah santri KMI kelas 5 dan semua santri kelas 5 berhak dipilih sehingga tidak ada yang tidak punya kesempatan untuk memimpin konsulat. “Jumlah konsulat di Gontor sekarang sudah sampai 27 konsulat. Dan dari setiap konsulat tersebut akan ada 3 ketua.” Jelas Ustadz Aldi, staf Pengasuhan Santri.

Kepemimpinan di konsulat berbeda dengan organisasi lain di Gontor, selain yang dipimpin sangat variatif, ada dari kelas 1 sampai kelas 5, mereka juga tidak hanya membuat program kerja di dalam pondok, tapi juga sampai acara di kampung halaman.

Panitia PKA mengundang beberapa asatidz untuk menjadi pengawas di konsulat yang bukan konsulat asalnya. Agar pemilihan berjalan lancar dan tidak ada kecurangan. Pemilihan ini tidak seperti pemilihan umum biasanya, karena belum tentu orang yang mendapatkan suara terbanyak bisa langsung menjadi ketua. Harus melewati musyawarah pembimbing konsulat dan staf Pengasuhan Santri. Aa Rum

Popular Articles