Date:

Share:

Pemilihan Ketua Konsulat: Mendidik Jiwa Kepemimpinan, Keberanian, dan Tanggungjawab

Related Articles

GONTOR-Pemilihan Ketua Konsulat di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) merupakan salah satu dari banyaknya rentetan kegiatan di masa Pekan Perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy. Kegiatan ini juga merupakan wadah bagi seluruh santri untuk belajar berorganisasi. Didalamnya berisikan nilai untuk mendidik santri jiwa kepemimpinan, keberanian, serta penuh tanggungjawab. Acara ini dilaksanakan pada Selasa (30/6) siang, di beberapa tempat yang telah ditentukan oleh panitia, diantaranya, gedung Sudan, Yaqdzoh, Rabithah, Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), dan Gedung Olah Raga (GOR).

Sebelum proses pemilihan, acara dimulai dengan diadakannya penyampaian visi dan misi oleh para kandidat. Setelah usai pemaparan visi dan misi, barulah dimulai pemilihan ketua Konsulat melalui jalur pemungutan suara.

Sistem pemilihannya adalah dengan cara pemungutan suara dari masing-masing seluruh anggota Konsulat. Dipimpin oleh para pembimbing Konsulat serta seorang guru yang ditunjuk dan ditugaskan sebagai steering committee oleh panitia, guna mengawasi jalan dan proses dari acara pemilihan tersebut. Sehingga segala bentuk tindakan kelalaian dan kecurangan dapat dihindarkan.

Yang termasuk menjadi kandidat ketua Konsulat adalah santri Kuliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) kelas 5 dan seluruh santri kelas 5 berhak dipilih, maka keseluruhan dari mereka berhak dan berkesempatan untuk menjiwai kepemimpinan, keberanian, dan tanggungjawab yang terkandung dalam amanah tersebut. Nantinya dari setiap Konsulat, akan tersaring menjadi 3 ketua terpilih.

Organisasi Konsulat di PMDG merupakan tempat berkumpulnya para santri yang berasal dari satu daerah atau kawasan tertentu. Didalamnya terdapat pembimbing, pengurus, dan anggota Konsulat yang nantinya akan digerakkan dan dibimbing dalam berbagai macam kegiatan yang melibatkan Konsulat. Juga lain daripada itu, organisasi ini khususnya mengurus hal-hal yang berkaitan dengan perpulangan santri saat tibanya masa liburan, baik ketika akan ke kampung halaman, maupun saat akan kembalinya para santri ke Pondok. biibmufassir

Popular Articles