Date:

Share:

Pemeriksaan Buku sebagai Media Pendidikan

Related Articles

Salah satu ustad saat melaksanakan kegiatan pemeriksaan buku siswa kelas 6 KMI.
Salah satu ustad saat memeriksa kelengkapan buku siswa kelas 6 KMI.

DARUSSALAM – Ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Ilmu bagaikan hewan buruan, dengan buku sebagai tali pengikatnya.

Dalam menjalankan kewajibannya, seorang pelajar harus memiliki sikap rajin dan selalu bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. Pelajar bukan hanya mereka yang bersekolah saja, melainkan semua orang, baik laki-laki atau perempuan, anak kecil atau orang dewasa. Selain itu, sikap menghormati dan menjunjung tinggi akan ilmu juga harus tertanam pada jiwa setiap manusia, karena inilah etika sebagai seorang pelajar.

Guna mewujudkan itu semua, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengadakan pemeriksaan semua buku-buku yang dimiliki oleh siswa akhir Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI), mulai dari pertama kali mereka menjadi santri PMDG hingga sekarang.
Adapun buku-buku yang diperiksa meliputi buku pelajaran, buku catatan, buku khusus, buku anjuran, kamus Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, serta beberapa bacaan yang bermanfaat, termasuk tabloid, majalah, dan buletin.

Dengan kegiatan ini, diharapkan para siswa kelas 1-5 KMI agar selalu menyiapkan dan menjaga bukunya dengan baik walau sudah dipelajari pada waktu yang lalu, karena itulah salah satu wujud penghormatan kita terhadap ilmu.sazza

Popular Articles