Date:

Share:

Pembukaan Ujian Tulis Gelombang Kedua Siswa Akhir KMI 2020/1441

Related Articles

DARUSSALAM – Masa ujian siswa akhir Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) yang berlangsung sejak Senin (15/1) di hari pertama rentetan kegiatan Tarbiyah Amaliyah (TA) dan dilanjut dengan masa ujian lisan yang berakhir pada Selasa (18/2) kemarin, hari ini memasuki tahap terakhir yaitu ujian tulis gelombang kedua.

Pembukaan ujian tulis gelombang kedua siswa akhir KMI diadakan pada Kamis (20/2) pagi di Masjid Jami’ Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) lantai satu, dikarenakan cuaca hujan dan tidak memungkinkan untuk diadakan di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM).

Seluruh Siswa Akhir KMI Tahun 2020 Sedang Mendengarkan Pesan dan Nasehat Bapak Pimpinan Sebelum Ujian Hari Pertama
Seluruh Siswa Akhir KMI Tahun 2020 Sedang Mendengarkan Pesan dan Nasehat Bapak Pimpinan Sebelum Ujian Hari Pertama

Meski begitu, acara tetap dilaksanakan tepat pada pukul 06.00 WIB. Pembukaan tersebut dihadiri oleh Bapak Pimpinan PMDG, K.H. Hasan Abdullah Sahal yang sekaligus menyampaikan sambutan di depan seluruh santri-santri kelas 6. Selain itu, hadir pula oleh Bapak Direktur KMI, Al-Ustadz KH  Masyhudi Subari, M.A. berserta wakilnya.

“Jangan menjadi orang yang ingin cepat besar, cepat kaya, cepat terkenal, dan lain sebagainya, apalagi sampai menghalalkan segala cara,” begitulah kutipan dari pidato yang beliau sampaikan.

Dalam sambutannya, Al Ustadz KH Masyhudi Subari, MA  menyampaikan bahwa seluruh santri kelas 6 KMI di semua kampus Gontor pada pagi itu memulai ujian tulis dengan serempak. Jumlah kelas 6 yang mengikuti ujian tulis tersebut berjumlah 3181 santri, dengan rincian 1595 santri putra dan 1586 santri putri.Adapun untuk PMDG Kampus Pusat, jumlah siswa akhir yang mengikuti ujian sebanyak 708 santri.

Suasana Ujian di Gedung Olahraga
Suasana Ujian di Gedung Olahraga

Ujian Akhir kali ini menggunakan 2 tempat ujian, yaitu BPPM yang diisi 237 siswa serta di Gedung Olah Raga (GOR) PMDG yang berisi 471 siswa. Ujian ini juga melibatkan pengawas dari guru-guru KMI mulai dari tahun keenam hingga guru senior, dengan jumlah yang terlibat seluruhnya adalah 111 guru.

Ujian tulis gelombang kedua tersebut akan berlangsung selama 15 hari, dimulai dari hari Kamis (20/2) hingga hari Ahad (8/3) yang akan datang. Para peserta ujian akan menghadapi sebanyak 29 materi yang diujikan, dengan total durasi waktu yang diberikan untuk setiap materinya adalah 120 menit atau 2 jam.

Popular Articles