Date:

Share:

Hasil “Ikhtibar” Dibagi, Santri Mulai Evaluasi Diri

Related Articles

Para siswa setelah mendapatkan hasil ikhtibar akhir tahun
Pembagian rapor hasil Ikhtibar Akhir Tahun

DARUSSALAM–Hari Kamis (20/3) menjadi hari terakhir pelaksanaan ikhtibar (‘ulangan umum’) akhir tahun setelah berjalan selama enam hari, terhitung sejak hari Sabtu (15/3) seminggu yang lalu. Setelah selesainya pelaksanaan ikhtibar ini, seluruh santri yang  dari Kelas 1 sampai Kelas 5 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) mendapatkan rapor hasil ikhtibar.

Maka, pada hari Jum’at (21/3) malam, para wali kelas langsung membagikan rapor hasil ikhtibar kepada para anggota kelas mereka masing-masing. Diharapkan, dengan adanya pembagian hasil ikhtibar ini, para siswa dapat terus meningkatkan prestasi mereka khususnya dalam bidang akademik.

Hasil ikhtibar ini juga menjadi media bagi para santri untuk merenung dan introspeksi diri, sejauh mana persiapan dan keseriusan mereka dalam menghadapi ikhtibar sekaligus sebagai tolak ukur kesiapan mereka dalam menghadapi ujian akhir tahun yang semakin dekat.

“Dengan diadakannya ikhtibar, para siswa dapat lebih merasakan suasana belajar dengan baik, karena mereka dituntut untuk dapat menjawab pertanyaan keesokan harinya. Dengan adanya pembagian hasil ikhtibar, para siswa dapat lebih meningkatkan kualitas belajarnya sehingga persiapan menjelang ujian pun semakin matang,” tutur Muhammad Adhimastya, salah satu siswa Kelas 3 KMI.

Hasil ikhtibar pada tahun ini, secara keseluruhan, mengalami penurunan. Pada tahun sebelumnya, rata-rata seluruh siswa Kelas 1 hingga Kelas 5 adalah sebesar 5,53, namun tahun ini turun menjadi 5,47 atau sebesar 1,17% dengan selisih 0,06. Dengan selesainya rentetan acara ikhtibar ini, diharapkan para siswa menjadi lebih semangat dan serius dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas. fei

Popular Articles