Date:

Share:

Pelatihan Saka Bhayangkara Pupuk Keterampilan Santri

Related Articles

DARUSSALAM— Untuk memupuk kedisiplinan santri, Majelis Pembimbing Koordinator (Mabikori) Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) 15089 Pondok Modern Darussalam Gontor mengadakan pelatihan Saka Bhayangkara yang dibuka Kamis (8/4) lalu. Pelatihan ini berlangsung selama tiga hari berturut-turut setelah acara pembukaan, Jum’at-Ahad, 9-11 April 2010. Acara ini diikuti sebanyak 400 santri yang terdiri dari kelas 3 Intensif, 4, 5 dan 6. Para peserta dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 150 ribu per orang. Mereka mendapatkan fasilitas berupa kaos, souvenir, Kartu Tanda Anggota (KTA), co-card  dan sertifikat.

Pelatihan terbagi dalam dua macam yang mencakup pemberian materi dan praktek. Para pelatih sendiri didatangkan dari Kepolisian Ponorogo. Merekalah yang menyampaikan materi dan memberikan pelatihan secara langsung kepada setiap peserta. Materi-materi yang ada seperti bahaya Narkoba, Siskamling dan lain sebagainya disampaikan para pelatih di aula Rabithah. Penyampaian materi sendiri dilakukan pada malam hari dan setelah shalat Dhuhur, sehingga tidak bertabrakan dengan praktek.

Sedangkan pelatihan atau praktek sendiri dilaksanakan di dalam areal pondok dan sekitarnya setiap sore. Para peserta dilatih tata cara berbaris yang benar dan tepat dalam Latihan Ketangkasan Baris-berbaris (LKBB). Di samping itu, mereka juga diajari bagaimana menjadi Polisi Lalu Lintas (Polantas) yang selama ini hanya mereka saksikan di jalan-jalan dengan disiplin memberikan tanda-tanda kepada setiap orang.

Popular Articles