Date:

Share:

Pelajari Metode Bahasa Arab, Ma’had Lughotul Qur’an ke Gontor Putri

Related Articles

Pertemuan bersama Asatidz Gontor Putri 1 di gedung Aisyah
Pertemuan bersama guru-guru Gontor Putri 1 di Gedung Aisyah

DARUSSALAM–Setelah mengadakan kunjungan ke Gontor pada tanggal 25–30 R. Akhir 1435/25 Februari–2 April 2014 bersama Jabatan Guru Johor Malaysia, Kepala Sekolah Ma’had Lughotul Qur’an Malaysia, Al-Ustadz Hidir Bin Ismail, kembali mengadakan lawatan ke Gontor. Kali ini, beliau mengajak 16 orang guru dari sekolahnya untuk mempelajari metode pembelajaran bahasa Arab di Gontor. Lawatan tersebut berlangsung selama 4 hari, pada  tanggal 23–26 Jumadal Ula 1435/25–28 Maret 2014. Seluruh kegiatan dilaksanakan di kampus Gontor Putri 1, 2, dan 3.

Selasa sore (23/3), rombongan tiba di wisma Gontor Putri 1 untuk beristirahat. Selepas Isya’, rombongan mengadakan pertemuan bersama Wakil Pengasuh Gontor Putri 1 yang diwakili oleh Wakil Direktur KMI, K.H. Ahmad Suharto, M.A., di Gedung Aisyah. Pada pertemuan tersebut beliau menjelaskan secara singkat sejarah berdirinya Gontor Putri dan mengenalkan nilai-nilai yang ditanamkan Gontor terhadap segenap santri dan santriwati.

Keesokan harinya, Rabu (24/3) pagi, acara pun dilanjutkan dengan melihat-lihat kegiatan muhadatsah pagi para santriwati di asrama mereka, lalu diteruskan dengan pertemuan bersama beberapa guru senior Gontor Putri 1, untuk pengenalan sistem pembelajaran bahasa Arab di Gontor pada pukul 08.00–09.00 WIB. Setelah pertemuan dilaksanakan, para guru Ma’had Lughotul Qur’an pun melihat langsung praktik mengajar yang dilakukan oleh salah satu guru KMI Gontor Putri 1. Laboratorium bahasa pun mereka kunjungi, untuk melihat fasilitas yang ada di Gontor Putri 1 guna menunjang pembelajaran bahasa Arab. Pada malam hari, rombongan melakukan lawatan ke Gontor Putri 3 untuk bertemu Wakil Pengasuh Gontor Putri 3. Sebelum istirahat, beberapa guru tersebut melakukan persiapan untuk praktik mengajar di kelas yang ditentukan pada esok harinya.

Kamis (24/3) pagi, tiga orang guru Ma’had Lughotul Qur’an mempraktikkan metode pengajaran bahasa yang sudah mereka pelajari sehari sebelumnya di kelas-kelas yang sudah disiapkan. Setelah tiga hari lawatan, rombongan segera bertolak ke Malaysia pada hari Jum’at (25/3) dari Bandara Adi Sudjipto Yogyakarta. Selain lawatan di Gontor Putri 1 dan 3, rombongan juga menyempatkan diri melakukan lawatan di Gontor Putri 2 untuk melihat latihan pidato bahasa Arab. brahma84

Popular Articles