Date:

Share:

Pelajaran Sore Kembangkan Kemampuan Santri

Related Articles

GONTOR — Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, KH. Syamsul Hadi Abdan, S.Ag. berkenan memberikan pengarahan kepada seluruh pengajar pelajaran sore di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), Selasa (9/11) malam. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan, materi pelajaran sore melengkapi materi pelajaran yang diajarkan di Kulliyatu-l-Mu'allimin Al-Islamiyah (KMI) pada pagi hari. Sehingga, pada hakikatnya tidak ada perbedaan antara keduanya. Hanya saja, materi yang diajarkan pada pelajaran sore lebih menekankan pengembangan kemampuan bahasa santri.

 

Di samping itu, kata beliau, siswa kelas 6 KMI yang mendapatkan kesempatan menjadi pengajar pelajaran sore mendapatkan manfaat yang sangat besar. Di samping membuatnya lebih memahami pelajaran yang diajarkannya, ia akan dapat mengasah kemampuannya dalam mengajar. Dengan demikian, pada saat menghadapi ujian praktek mengajar kelak dia tidak akan canggung lagi di hadapan para siswa.

Setelah diadakan pengarahan dari Pimpinan Pondok dan Direktur KMI, pelajaran sore mulai aktif keesokan harinya, Rabu (10/11) di kelas-kelas yang telah ditentukan. Adapun materi yang diajarkan pada hari Sabtu-Rabu tersebut meliputi Muthala’ah, Imla, Alquran, Khot dan Reading untuk kelas 1, 1 Intensif dan kelas 2. Sedangkan materi untuk siswa kelas 3, 3 Intensif dan 4 meliputi Muthala’ah, Nahwu, Sharf dan Alquran. Adapun untuk siswa kelas 5 dan 6 hanya mempelajari dua materi, yaitu Bahasa Arab dan Alquran. 

Popular Articles