Date:

Share:

Pelajaran Sore Kembali Efektif

Related Articles

DARUSSALAM- Dimulai dari hari Sabtu (29/6) kemarin, pelajaran sore di Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) kembali berjalan efektif. Walaupun seluruh santri masih disibukkan dengan rentetan kegiatan Pekan Perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy (PPKA) hingga satu bulan ke depan, namun kegiatan ini juga turut mendapat perhatian sehingga tidak kalah penting untuk dimulai pada masa-masa awal setelah pembukaan tahun ajaran baru periode 1440-1441/2019-2020 di hari Sabtu (15/6) yang lalu.

          “Pelajaran sore mendapat perhatian lebih berawal sejak 2 tahun yang lalu, ketika diadakannya integrasi antara pelajaran pagi dan sore,” begitulah ujar Al-Ustadz Miftahuddin, selaku salah satu staf pembimbing pelajaran sore atau lebih akrab disebut Afternoon Lesson Advisory Council (ALAC). Integrasi tesebut berkaitan dengan penggabungan nilai antara pelajaran pagi dengan yang kembali diajarkan ketika sore hari, sehingga nilai ujian pelajaran sore yang pada tahun-tahun sebelumnya dicantumkan di raport mental santri kali ini disandingkan dengan nilai ujian pelajaran pagi di raport semester mereka.

          Selain pada penggabungan nilai, integrasi ini juga berpengaruh pada penyusunan jadwal pelajaran para santri. Beberapa materi yang sebelumnya tidak diajarkan di kelas namun diujikan pada ujian semester, setelah integrasi kemudian mendapatkan jam pelajaran untuk diajarkan di pelajaran sore. Hal ini pula yang menjadi penyebab dimulainya pelajaran sore pada masa-masa PPKA, yaitu agar semua pengajar materi mampu mengejar target kurikulum pelajaran yang akan disampaikan kepada para santri dengan jumlah pertemuan yang ada.

          Dalam persiapan pelajaran sore kali ini para staf ALAC mampu mengatasi segala persiapan meskipun sempat menghadapi beberapa kendala, salah satunya adalah perihal data induk guru-guru. “Karena kita memulai segala persiapan setelah pembukaan tahun ajaran baru, maka waktu yang kita miliki hingga hari pengarahan dan pembagian tugas para pengajar pelajaran sore sangatlah singkat.” kata ustadz yang berasal dari daerah Magelang itu. Baik data pengajar, pelajaran, maupun jadwal pelajaran masing-masing kelas semuanya didapatkan dari staf KMI bagian jadwal.

          Sehubungan dengan berlangsungnya pelajaran sore sejak masa-masa efektif pertama, kegiatan ini tidak dimaksudkan untuk mengganggu persiapan para santri dalam berbagai rentetan acara PPKA. Karena itu pelajaran sore hanya akan diadakan selama 2 hari sampai masa PPKA selesai, yaitu pada hari Sabtu dan hari Ahad. “Selebihnya selain di dua hari itu, para santri akan tetap memiliki waktu pada siang hari untuk persiapan mereka dalam acara-acara KA,” demikian yang disampaikan oleh ustadz yang merupakan alumni gontor tahun 2013 itu. Kegiatan ta’hil para pengajar materi-materi tertentu juga belum berjalan sebagaimana biasanya hingga masa PPKA usai pada bulan Agustus nanti. zahrulmuhsinin

Popular Articles