Date:

Share:

Pelajaran Sore Dimulai Lebih Awal

Related Articles

GONTOR“Al-ma’hadu la yanamu abadan”, begitulah semboyan Pondok Modern Darussalam Gontor, yang artinya pondok tidak pernah tidur (tidak pernah sepi dari kegiatan). Baru dua minggu kegiatan belajar mengajar pagi hari dilaksanakan, Ahad siang (23/7), para santri sudah harus mengikuti kelas sore. Tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pelajaran sore dimulai lebih awal. Biasanya, pelajaran sore baru dimulai setelah apel pekan perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy. Hal ini dikarenakan materi pelajaran sore pada tahun ini telah diperbaharui di beberapa pelajaran, sehingga membutuhkan waktu lebih dalam proses pengajarannya.

Dalam berbagai kesempatan, Direktur KMI, K.H. Masyhudi Subari, M.A. sering menyampaikan bahwa pelajaran pagi dan sore adalah satu bagian yang tidak bisa dipisah-pisahkan, sehingga kurikulumnya harus saling berhubungan, juga tidak boleh diremehkan materi atau pelajaran yang diajarkan ketika sore itu. Maka, tahun ini pelajaran sore akan diujikan ketika pagi hari, sehingga nilainyapun akan dimasukkan dalam rapor pelajaran pagi.

Ini semua merupakan upaya pondok untuk terus meningkatkan kualitas akademis santri. Harapannya, dengan lebih diperhatikannya proses pembelajaran di sore hari, wawasan keilmuwan para santri dapat meningkat, juga siswa akhir KMI yang diberikan kesempatan untuk berlatih mengajar dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan maksimal.brada89

Popular Articles