Date:

Share:

Panitia Ujian Siswa Akhir KMI Adakan Pemeriksaan Buku

Related Articles

DARUSSALAM–Buku merupakan sumber ilmu yang tak pernah kering sepanjang masa. Orang-orang menyebut buku adalah jendela dunia, karena seluruh informasi di dunia terangkum menjadi satu di dalamnya. Di sinilah peranan buku sangat penting untuk memajukan bangsa.

Dengan membaca buku-buku yang bermanfaat, seseorang dapat meningkatkan kecerdasaan, kreatifitas, dan juga wawasannya. Oleh karena itu, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) melalui Panitia Ujian Siswa Akhir KMI 2018 mengadakan Pemeriksaan Buku bagi Siswa Akhir Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI). Jum’at, (13/4), Pemeriksaan Buku dilaksanakan di tempat-tempat yang sudah ditentukan, antaranya; Masjid dan Rayon-rayon di Daruusslam.

Pemeriksaan buku adalah salah satu program Panitia Ujian Siswa Akhir KMI yang harus dilalui oleh setiap siswa kelas enam. Program ini mempunyai kedudukan setingkat dengan ujian; mempunyai nilai tersendiri yang mempengaruhi kelulusan siswa dan merupakan salah satu syarat yudisium kelulusan.

Dalam pelaksanaannya, pemeriksa meneliti identitas buku siswa yang diperiksa terlebih dahulu, selanjutnya memeriksa kelengkapan buku yang dimiliki, kemudian mengisi blangko yang telah tersedia. Adapun buku-buku yang diperiksa meliputi buku kulikuler atau buku pelajaran, buku catatan, buku khusus, buku penunjang, dan bacaan bermutu termasuk tabloid, majalah, dan buletin dari kelas 1–6 KMI.

Dengan kegiatan ini, diharapkan para siswa kelas 1–5 KMI dapat menyiapkan dan menjaga bukunya dengan baik walau sudah dipelajari pada waktu yang lalu, karena itulah salah satu wujud penghormatan kita terhadap ilmu. Muis

Popular Articles