Date:

Share:

Pameran Seni Wadahi Minat dan Bakat Santri

Related Articles

DARUSSALAM—Bagian Kesenian Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) menggelar pameran seni dan keterampilan yang disebut dengan Art and Handycraft Show, Jum’at (4/12),  di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Acara ini diadakan dua kali setahun dengan melibatkan siswa kelas 3 Intensif, kelas 4 dan kelas 5 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) dari setiap kursus kesenian dan keterampilan di bawah koordinasi Bagian Kesenian OPPM.


Menurut penuturan Arif Purnama, staf Bagian Kesenian, acara yang diketuai Faqihuddin (6-B) dan Ridwan Nur (6-G), Sabtu (5/12), ini merupakan kombinasi tujuh kursus kesenian dan keterampilan yang terdapat di Gontor. Ketujuh kursus yang terlibat dalam acara ini adalah Darussalam Musicians (DAMS) Family, Seni Hadrah Darussalam (Senhada), Asosiasi Kaligrafer Darussalam (Aklam), Lintas Imajinasi Santri (Limit), Art Gallery, Persatuan Bela Diri Darussalam (Perbeda) dan Association of Reanimation Moslem Artist Darussalam (ARMADA).

Acara yang dibuka secara resmi oleh Ustadz H. Noor Syahid, S.Ag. tersebut diadakan dengan tujuan menggali potensi seni dan keterampilan para santri. Hal ini diungkapkan Arif kepada Gontor Online saat ditanya tujuan utama dilaksanakannya acara ini. ”Maka, setiap kursus yang ada akan membuka pendaftaran bagi para santri yang berminat untuk mengikuti salah satu dari ketujuh kursus ini. Bagi yang merasa mempunyai bakat dan tertarik pada salah satu bidang seni atau keterampilan tersebut, tentunya akan segera mendaftarkan diri,” katanya.

Untuk meramaikan acara sekaligus memperlihatkan kelebihan setiap kursus, baik Armada maupun kursus-kursus lainnya memberikan suguhan penampilan-penampilan yang menarik untuk ditonton. Misalnya, Armada mempersembahkan sebuah pertunjukan yang mereka sebut ”Jabwokis”, yakni tarian pantomim. Perbeda tak mau kalah, kursus bela diri yang satu ini menampilkan pertunjukan jurus-jurus dan penampilan capoera. Berbeda dengan yang lainnya, Aklam bersama Limit mengadakan lomba kaligrafi, melukis kartun, membuat letter dan menggambar perspektif.

Popular Articles