Date:

Share:

Pameran Seni Tumbuhkan Minat dan Bakat Seni Santri

Related Articles

DARUSSALAM—Bagian Kesenian Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) menggelar pameran seni dan keterampilan yang disebut dengan Art and Handycraft Show, Jum’at (2/10),  di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Acara ini melibatkan siswa kelas 3 Intensif, kelas 4 dan kelas 5 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) dari setiap kursus kesenian dan keterampilan di bawah koordinasi Bagian Kesenian OPPM.

Acara Art & Handycraft Show ini merupakan gabungan dari kursus-kursus kesenian dan keterampilan yang terdapat di Gontor. Kursus-kursus yang terlibat dalam acara ini adalah Darussalam Musicians (DAMS) Family, Seni Hadrah Darussalam (Senhada), Asosiasi Kaligrafer Darussalam (Aklam), Lintas Imajinasi Santri (Limit), Art Gallery, Persatuan Bela Diri Darussalam (Perbeda) dan Association of Reanimation Moslem Artist Darussalam (ARMADA). Dan juga ada beberapa klub yang ditampilkan di luar gedung BPPM, seperti Persada, DBBG, MBGND, dan beberapa klub olahraga.

Tidak hanya santri yang ikut berpatisipasi dalam acara pameran seni kali ini, karena terlihat juga banyak Guru-guru yang sekedar mampir untuk melihat, hingga ikut menunjukkan kebolehan di bidang-bidang seni yang memang mereka kuasai.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Ustadz H.Ahmad Fauzi Hidayatullah tersebut diadakan dengan tujuan menggali potensi seni dan keterampilan para santri. Hal ini diterangkan salah satu staf bagian kesenian kepada kami saat ditanya tujuan utama dilaksanakannya acara ini. ”Maka, setiap kursus yang ada akan membuka pendaftaran bagi para santri yang berminat untuk mengikuti salah satu dari kursus-kursus yang banyak ini. Bagi yang merasa mempunyai bakat dan tertarik pada salah satu bidang seni atau keterampilan tersebut, dan ingin mengembangkan potensi dirinya, tentunya akan segera mendaftarkan diri,” katanya.

Untuk meramaikan acara sekaligus memperlihatkan kelebihan setiap kursus, baik Armada, Dams, maupun kursus-kursus lainnya memberikan suguhan penampilan-penampilan yang menarik untuk ditonton. Misalnya, Armada mempersembahkan sebuah pertunjukan yang berasal dari tarian pantomim. Perbeda tak mau kalah, kursus bela diri yang satu ini menampilkan pertunjukan jurus-jurus yang dikemas secara unik. Begitupun dengan yang lainnya, dari masing-masing setiap jurusan kesenian yang dipamerkan, pasti mereka mempersembahkan hal unik dan mengesankan, hingga menarik banyak perhatian dari warga Darussalam yang berkunjung kesana.biibmufassir

Popular Articles