Date:

Share:

OSPEK 2017: Mencetak Generasi Rabbani

Related Articles

GONTOR – Dalam rangka pembukaan tahun ajaran baru, Universitas Darussalam (UNIDA) Kampus Gontor mengadakan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) bagi para mahasiswa barunya. Kegiatan yang dimulai pada Hari Sabtu (8/7) ini diselenggarakan di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus Pusat. Para peserta yang merupakan guru baru PMDG ini berjumlah 138 orang. Mereka merupakan alumni PMDG tahun 2017 yang diamanatkan oleh Pimpinan PMDG untuk melaksanakan pengabdian wajibnya di Gontor Pusat. Maka, dengan banyaknya tugas yang mereka emban sebagai mahasiswa guru yang sekaligus menempati pos-pos vital dan unit-unit usaha di pondok, diperlukan orientasi/pengarahan khusus terkait kemahasiswaan dan keguruan.

Universitas Darussalam Gontor adalah sebuah perguruan tinggi pesantren. Yakni suatu sistem kelembagaan pendidikan tinggi islam yang menawarkan program akademik yang professional dan relefan dengan studi islam. Di dalamnya, para mahasiswa dapat hidup, belajar dan beraktifitas secara kreatif dengan mengacu kepada panca jiwa pondok modern Darussalam Gontor, yaitu: keikhlasan, kesederhanaan, berdikari, ukhuwah islamiyah dan kebebasan.

Mahasiswa UNIDA dituntut untuk selalu taat menjalankan dan menegakkan syariat islam serta berkhidmat kepada bangsa dan negara; senantiasa mandiri dalam memelihara, memperdalam dan mengembangkan ajaran agama islam serta ilmu pengetahuan bagi kesejahteraan umat sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia muslim Indonesia.

Kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) UNIDA Gontor bertujuan untuk memperkenalkan almamater kampus kepada segenap calon mahasiswa, demi terbentuknya pemahaman yang benar terhadap nilai-nilai kepondokmodernan, sehingga terciptalah mahasiswa guru yang berdedikasi tinggi serta memiliki tingkat intelektualitas dan spiritualitas yang mendalam. Niscaya terwujudlah generasi Rabbani berakhlaq Qur’ani.

Dalam pembukaan kegiatan OSPEK ini, Wakil Rektor, Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed., M.Phil. menyampaikan bahwa mahasiswa UNIDA, khususnya mahasiswa guru yang berada di kampus Gontor Pusat haruslah memiliki kreativitas dalam mengambangkan ilmunya. Hal itu dikarenakan banyaknya kesibukan yang dimiliki oleh para mahasiswa guru, sehingga harus pandai-pandai membagi waktu dalam kuliah, mengajar, dan membantu pondok.

Semoga dengan terselenggaranya acara ini, seluruh mahasiswa baru UNIDA, khususnya kampus Gontor, dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal di semua lini. Dapat mengajar dengan baik, membantu pondok dengan maksimal, dan mengembangkan ilmunya di universitas dengan cemerlang, menjadi generasi rabbani berakhlak qur’ani, yang siap untuk mendidik umat menuju ridho Allah Subhanahu wata’ala.brada89

 

Popular Articles