Date:

Share:

Mugus: Kader Elegan ala Gontor

Related Articles

DARUSSALAM-Sebagai Lembaga Pendidikan yang berbasis pesantren, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) selalu menanamkan jiwa berdisiplin untuk segenap santrinya sebagai kader elegan di masa depan. Salah satu upaya Pesantren, yang kini berusia 90 tahun tersebut adalah kegiatan kepramukaan, yang diwajibkan untuk seluruh santri, baik baru maupun lama, baik dalam maupun luar negeri.

Layaknya para pejabat Indonesia, PMDG menggelar acara Musyawarah Gugus Depan (Mugus) yang dikhususkan untuk Siswa Kelas 3 Intensif dan Kelas 4. Dimulai dengan Sidang Pleno, yang membacakan seluruh draf bahan musyawarah pada Kamis (16/4) di Gedung Olah Raga PMDG, dilanjutkan dengan Sidang Komisi yang terbagi menjadi 6 fokus; Komisi Ketua Koordinator, Komisi Kesekretariatan, Komisi Kebendaharaan, Komisi Pelatihan, Komisi Perlengkapan, dan Komisi Pembina Gugus Depan, di kelas-kelas pada Jum’at (17/4). Adapun Sidang Paripurna, digelar sebagai pelengkap kegiatan yang bertajuk “Pramuka Muslim Ciptakan Generasi Pejuang Qur’ani” ini dengan pembacaan seluruh draf hasil Sidang Komisi yang diiringi dengan aksi “ketok palu” pada setiap keputusannya.

“Walau belum mengerti seutuhnya, kami selalu berusaha dan mencoba menjalankan kepanitiaan ini dengan baik, karena kami sadar, di dalamnya terdapat pendidikan yang secara tidak langsung akan melatih kami” ucap Andi Amar Ma’ruf, putra ke-3 Menteri Pertanian Republik Indonesia yang kini telah mengenyam pendidikan di Gontor selama 2 tahun, malam hari usai mempersiapkan acara tersebut.

Bapak Wakil Direktur Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI), H. Sutrisno Ahmad, Dipl.A.Ed. yang saat itu juga turut hadir untuk membuka acara itu, menyampaikan bahwa, setiap peserta sidang yang berjumlah 734 orang siswa ini harus bersungguh-sungguh dalam mengikuti rentetan agenda sebagai bekal kehidupan di Masyarakat kelak. Selain itu, seluruh Wali Kelas, Kelas 3 Intensif dan Kelas 4 yang berjumlah 21 orang guru, serta para pembimbing Gugus Depan 15089 juga ikut mensukseskan kegiatan tahunan ini. B. Dasasta

Popular Articles