Date:

Share:

Mugus dan Amsus Media Penyatu Siswa Kelas 4 dan 3 Intensif

Related Articles

Para Ambalan Khusus Gugus Depan 15089 tampak bersemangat dalam Ambalan Gembira tahun ini.
Para Ambalan Khusus Gugus Depan 15089 tampak bersemangat dalam Ambalan Gembira tahun ini.

DARUSSALAM – Koordinator  Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) 15089 Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) di bawah arahan Majelis Pembimbing Koordinator Harian (Mabikori) mengadakan Musyawarah Gugus Depan (Mugus) pada Kamis (2/5/2013), tepatnya diselenggarakan di Gedung Olahraga (GOR) Pondok Modern Darussalam Gontor. Kegiatan ini merupakan media pemersatu antara siswa kelas 4 KMI dan 3 Intensif. Berawal dari Musyawarah Gugus Depan, mereka mengenal satu sama lain, belajar mengutarakan pendapat dan bermusyawarah. Musyawarah diawali dengan Sidang Paripurna pada siang harinya, Sidang Komisi pada Jum’at pagi (3/5/2013),  kemudian dilanjtukan dengan Sidang Pleno pada Jum’at siang.

Pondok Modern selalu berupaya menanamkan jiwa bermusyawarah dalam diri setiap santri-santrinya, falsafah itu tertuang pada mahfudzat kelas 4 KMI, yang berbunyi“Wa aktsir min As-syuraa, fainnnahu in tushib tajid maadihan wa in tukhti’i ar-ra’ya tu’dzar ” (Dan perbanyaklah bermusyawarah, dalam bermusyawarah apabila pendapatmu benar kamu akan dipuji dan apabila salah dimaafkan). Bermusyawarah merupakan pola hidup dalam mengaplikasikan kebersamaan dan keberagaman.

Lain daripada itu, Mugus pada tahun ini melibatkan peserta sebanyak 750 orang, termasuk jumlah panitia sebanyak 52 orang dan beberapa staf Koordinator Gerakan Pramuka. Para peserta tersebut meliputi seluruh anggota Ambalan Gugus Depan (Gudep) dari siswa kelas 4 dan 3 Intensif, 15089/1, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 15, 17, dan 19.

Kegiatan lain dalam upaya menyatukan ukhuwah Islamiyah mereka adalah Ambalan Gembira (AG). Berlasung pada (9/5/2013) di lapangan Salelit, tepatnya di selatan gedung Satelit. Acara ini meliputi penampilan-penampilan, seperti: Dancing, Nasyid, Tari-tarian, Tari Kombinasi, Puisi Musikal, Sulap, Drama Musikal dan lain-lain.

Kegiatan ini dikomandoi oleh 3 orang ketua yakni, Andi Hakim (3 Int C), Muhammad Salisgia (4D), dan Lutfi Mahmudy (4D), dengan jumlah panitia 65 orang. Acara diawali dengan tilawah ayat suci Al-Qur’an dilanjtukan dengan sambutan-sambutan. Al-Ustadz Ibadurrahman selaku penanggung jawab acara ini, menyampaikan dalam sambutannya:

“Kegiatan ini merupakan ajang bagi kalian memadukan pikiran dan tenaga, tidak lain adalah untuk mensukseskan acara ini. Semua ini dirancang sebagai media penyalur kreativitas, seni dan motivasi naik ke kelas 5 tahun depan, iman, khuluqan dan adaban”.

Dalam hal ini, panitia dibimbing langsung oleh Al-Ustadz Anshar Zulhelmi dari Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Harian (Mabikori). Dengan tujuan, panitia dapat berkoordinasi satu sama lain dengan baik dan berkonsultasi dalam hal apapun ke pembimbing. Hal itu merupakan pelajaran dan ilmu kehidupan di PMDG yang selalu dipegang teguh oleh para santri dan guru-guru dalam melestarikan nilai-nilai keislaman. elfah

Popular Articles