Date:

Share:

Muaskar Sarjana ISID

Related Articles

Pemantapan dan juga pemahaman kepondokmodernan bagi seluruh alumni yang selesai dalam menyelesaikan program Strata Satu (S1) tahun ini diadakan kembali. Acara yang disebut juga dengan Muaskar atau juga Daurah Tadribiyah tersebut, merupakan program tahunan yang diadakan oleh lembaga pendidikan Pondok Modern Darussalalam Gontor guna memfasilitasi para alumni dalam bergerak sebagai alumni yang matang.

Acara ini berlangsung selama 10 hari dan mengambil lokasi di Wisma Darussalam (Wisda) terhitung mulai tanggal 9-19 Agustus, dengan diikuti oleh 52 orang dan dimulai dengan materi Kepondokmodernan yang disampaikan oleh Bapak Pimpinan KH. Hasan Abdullah Sahal.

Acara ini, langsung dikordinir oleh panitia Muaskar Al Ustadz Dr. Nur Hadi Ihsan, MIRKH yang juga selaku Direktur KMI, Al Ustadz H. Imam Awaluddin, MA serta Al Ustadz Drs. H. Haryanto Abdul Jalal. Acara yang di mulai sejak pagi hari ini, berisikan berbagai kegiatan yang sangat padat untuk setiap harinya. Kegiatan itu antara lain, penjelasan dan preaktek membaca Ma’tsurat oleh Dr Kholid Muslih, penulisan resume, bimbingan Akidah, bimbingan membaca Alquran, diskusi, manajeman KMI dan kegiatan-kegiatan lainnya yang menghadirkan pemateri handal di bidangnya.

Kegiatan harian dimulai sejak Pukul 02.00 dimulai dengan Qiyamullail/tahajud bersama yang dilanjutkan  dengan sahur serta olahraga. “Seluruh peserta  merupakan alumni yang telah menyelesaikan S1 di Institut Studi Islam Darussalam (ISID) dan juga alumni dari pondok cabang” kata Al Ustadz M. Hatta Fahamsyah, salah satu Sekertaris Pimpinan, Jumat (28/08) lalu.

Ia juga menambahkan Daurah Tarbiyah ini diikuti oleh Guru Putra angkatan IX  2010 dan akan diadakan setiap tahunnya dalam rangka pembekalan keterampilan hidup para Asatidz s1, membangun Ukhuwah Islamiyah, Memperluas wawasan, Tajdidun Niah, memahami tentang kepondokmodernan dan juga diharapakan peserta termotivasi untuk bisa mengabdi di PMDG serta juga mampu dalam bekerjasama dalam sebuah tim.

Seluruh peserta dalam kegiatan ini, juga diberikan tata tertib sesuai dengan alam pendidikan pondok modern seperti masalah disiplin jama’ah, disiplin sesi kuliah, olahraga, asrama atau tempat tinggal, perizinan dan juga sanksi. Dalam hal ini juga, setiap peserta dituntut untuk menciptakan suasan kamaryang relegius seiring dengan semangat Bulan Ramadhan. Kegitan ini juga, selalu diisi dengan berbagai materi yang berbeda untuk setiap harinya dengan melibatkan Guru-guru senior Pondok Modern Darussalam Gontor dan juga para pakar ahli yang didatangkan dari luar seperti tim KPI Surabaya dan juga pakar-pakar lainnya sesuai dengan materi yang akan disampaikan dan dibahas dalam kegiatan tersebut. Sementara itu, penutupan acara ini, dengan mengikuti Acara Khataman Siswa Akhir dan Yudisium Kelulusan Siswa Akhir KMI 2010.

Popular Articles