Date:

Share:

Modern

Related Articles

Pondok itu berjiwa modern”. KH. Hasan Abdullah Sahal pernah mengatakan itu suatu kali. Modern di sini, lanjut beliau, di antaranya berarti berpikir integral, berpikiran maju, tidak dikotomis, adil dan menghargai efisiensi waktu.

Berpikiran integral, berarti tidak parsial ataupun sekular. Tidak melulu duniawi ataupun hanya akhiratnya saja, melainkan keduanya. Di Gontor, kurikulum dan pola hidup dibentuk secara integral. Ada pelajaran agama dan pelajaran umum. Ada pembentukan karakter (tarbiyah) dan gerakan belajar mengajar (ta’lim). Pengembangan sumber daya manusia dimaksimalkan, untuk totalitas pendidikan.

Jum’at 23 Jumadal Ula 1431

Previous article
Next article

21 COMMENTS

  1. Assalamualaikum …
    Mau bertanya adakah diskon untuk orang yang tidak mampu, sy ingin sekali menyekolahkan anak sy d Pesantren Gontor ini, tapi untuk biaya jujur sy tidak mampu, adakah keringanan untuk masuk pesantren ini. Terima Kasih.

    • Wa'alaikumsalam,

      untuk hal tersebut dapat dikonsultasikan langsung dengan Bagian Administrasi di Pondok yang bersangkutan,

      • Assalamu alaikum wr wb..
        mohon informasi terkait dengan pendaftaran dipondok apakah masih menerima siswa baru atau perpindahan. terima kasih.

    • Assalamu'alaikum Wr Wb,
      kapan para santriwati itu libur dan apakah nanti para wali santri ada pemberitahuan sebelumnya
      Wassalamu'alaikum Wr Wb

      • Wa'alaikumsalam,

        Liburan diadakan 2 kali setahun, pada Bulan Rabi'ul Awwal selama 10 hari dan Bulan Ramadhan selama 50 hari.

        Jazakumullah,

  2. Ass………..apa bedanya gontor yang ada dipulau jawa dibanding yang di aceh misalnya. Hal ini saya tanya karena anak saya(lk) juga bercitacita bersekolah di gontor.apa beda dari segi kualitasnya. Terimakasih sebelumnya

    • Wa'alaikumsalam,

      seluruh gontor sistem dan kurikulum serta metode pendidikannya sama. Hanya saja guru, fasilitas dan lingkungan saja yang berbeda. Adapun seluruh siswa di luar jawa, saat kelas 6 akan dipindahkan ke gontor dalam jawa.
      Jazakumullah

  3. Assalamualaikum wr wb. Saya berencana mau menyekolahkan anak saya ke gontor. Yg jd partanyaan saya. Apa perbedaan gontor 1 dan 2. Dan jg gontor yg ada di lampung kalianda apakah sama dgn yg ada di gontor pusat. Mksh. Waalaikum slm wr. Wb

    • Wa'alaikumsalam

      Seluruh sistem dan kurikulum sama, hanya saja waktu pendaftaran, fasilitas, situasi dan beberapa hal lain ada perbedaan.
      Jazakumullah

  4. Assalamu'alaikum wr wb.

    Saya berencana mau menyekolahkan anak saya ke gontor. Yg ingin saya tanyakan :
    Ada berapa gontor dan mana yang menjadi gontor pusat, dimana saja, untuk santri laki-laki atau perempuan, serta apa perbedaannya
    Terima kasih dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb

    • Wa'alaikumsalam,

      Gontor dan cabangnya ada 19 kampus. Untuk pendaftaran putra di Gontor pusat ponorogo, putri di Gontor Putri Ngawi. Adapun luar jawa bisa mendaftarkan diri langsung ke pondok gontor cabang yang bersangkutan.
      Jazakumullah,

  5. ?????????? ?????????? ?????????? ????? ????????????
    Kapan pendaftaran untuk th pel 2014-2015 mhon infonya, terima kasih.
    Wassalam

    • Wa'alaikumsalam,

      Pendaftaran dibuka mulai 4 Syawwal 1435 H sampai batas waktu yang ditentukan
      Jazakumullah,

  6. Assalammualaikum, kalau memindahk anak dari pondok pesantren lain ke Gontor apakah harus melalui test lagi, misal dari ponpes luar jawa, Syuron..

  7. Assalamu'alaikum,
    Apakah tahun ajaran baru nanti, calon santri tidak mendapat pembekalan seperti tahun sebelumnya.
    Tahun sebelumnya bulan Mei sudah bisa daftar dan mengikuti pembekalan selama +/- 3 bulan.
    Kalau saya baca di info pendaftaran waktunya sangat mepet.
    Apakah saat daftar langsung ujian, mohon informasi ?

    Wassalamu'alaikum

    • Wa'alaikumsalam,,

      Tahun ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya, tidak ada kelas persiapan. Waktu pendaftaran memang hanya pada awal bulan Syawwal. Jika memang ingin mengikuti kelas persiapan, bisa mengikuti di Gontor 1 saat Ramadhan, namun sifatnya hanya sementara.

      Usai daftar, nanti akan ditentukan waktu ujian lisannya oleh panitia. Kemungkinan sehari atau dua hari setelah pendaftaran.

      Jazakumullah,

      • Terima kasih informasinya Ustadz, informasi tsb sangat bermanfaat untuk persiapan putra saya yang berkeinginan masuk gontor.

        Bagaimana jika putra saya lulus masuk gontor, apakah bisa request di gontor yang dekat dengan Gontor Putri 3, karena saat ini kakaknya mondok di Gontor Putri 3. Apakah bisa putra saya diterima di Gontor 1 atau Gontor 2 atau Gontor 6.
        Hal ini mengingat biaya jika ingin menjenguk putra putri saya sehingga biaya tidak terlalu besar , karena domisili kami diluar Jawa.

        Mohon informasinya Ustadz.

        Syukron.

        • Untuk penempatan santri, itu sepenuhnya hak Pimpinan PMDG. Hal tersebut dipertimbangkan dari hasil ujian masuk KMI dan beberapa faktor lainnya.

          Jazakumullah

  8. KH. Hasan Abdullah Sahal, memang selalu memberikan keterangan tentang sesuatu dengan jelas, tegas dan bernilai, semoga Allah selalu melimpahkan kesehatan kepada beliau sehingga bisa berjuang untuk Islam secara umum dan Pondok Modern Darussalam Gontor pada khususnya, Gontor I Very Respect

Comments are closed.

Popular Articles