Date:

Share:

Micro Teaching Siswa KMI Gontor: Perluas Wawasan Siswa Sebelum Mengikuti Ujian Praktik Mengajar (‘Amaliyatu At-Tadrisi)

Related Articles

GONTOR-Sebelum dimulainya ujian Praktik Mengajar (‘Amaliyatu At-Tadrisi) di Pondok Modern Darussalam Gontor, Siswa Akhir KMI mengikuti acara Micro Teaching yang diadakan di Gedung Yaqzoh PMDG. Diadakannya acara ini guna memperluas wawasan siswa sebelum mengikuti Ujian Praktik Mengajar (‘Amaliyatu At-Tadrisi) pada hari Sabtu (17/2). Kegiatan ini juga menjadi Sunnah Pondok Modern Darussalam Gontor bagi siswa akhir. Selain itu juga menjadi syarat kelulusan bagi mereka.

Sebelum Micro teaching dimulai, para siswa mengikuti kegiatan review Amaliyatu At-Tadrisi selama 1 hari, Rabu (7/2). Dalam hal ini seluruh guru tahun ke-5 dikerahkan untuk memberikan orientasi ketat terkait buku “Tarbiyah ‘Amaliyah”. Orientasinya terbagi tiga. Pertama, penjelasan mendalam seputar “Ghardu al-‘Am, Ghardu al-Khas, dan Wasail al-Idhaah”. Kedua, “Khutwaatu Herbert”, dan ketiga, “Turuqu at-Tadris”. Berlangsung dari pukul 07.00–12.15 WIB.

Para Siswa saat mendengarkan penjelasan dari pengajar materi Muthala'ah dengan judul al-Ainu.
Para Siswa saat mendengarkan penjelasan dari pengajar materi Muthala’ah dengan judul al-Ainu.

Kemudian, pada Kamis (8/2) pagi diadakan Micro Teaching. Dari setiap akelompok Kelas 6 yang tahun ini berjumlah 18 kelas (6B–6S) ditentukan satu orang pengajar untuk Micro Teaching. Pelajaran yang diajarkan untuk pra-ujian ini adalah “Muthala’ah” dengan mengambil salah satu judulnya, yaitu “al-‘Ainu”. Masing-masing kelas dibimbing oleh guru-guru senior dan guru tahun ke-5 ke atas.

Selanjutnya, pada Ahad–Senin (11-12/2) digelar ulangan khusus materi Tarbiyah ‘Amaliyah, dibimbing langsung oleh Direktur KMI, K.H. Masyhudi Subari, M.A. Ulangan tertulis ini diselenggarakan di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). *Aff

Popular Articles