Date:

Share:

Micro Teaching Persiapkan Siswa Akhir KMI Hadapi Tarbiyah ‘Amaliyyah

Related Articles

GONTOR—Menjelang ujian Tarbiyah ‘Amaliyyah (Praktek Mengajar), Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) mengadakan beberapa kegiatan dalam rangka mempersiapkan Siswa Akhir KMI 2021 untuk menghadapi ujian tersebut. Salah satu dari rentetan kegiatannya adalah Pra-Amaliyyah Perdana atau biasa disebut dengan Micro Teaching.

Ahad pagi (10/1), sebanyak 713 siswa dan 159 pembimbing dari para guru berada di gedung Yaqdzoh Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. Dimulai sejak pukul 07.00 WIB, dan berakhir pada pukul 12.00 WIB, seluruh siswa dan guru mengikuti setiap rentetan kegiatan dengan seksama.

Micro Teaching merupakan demonstrasi praktek mengajar yang dilakukan oleh beberapa siswa yang dipilih dari setiap kelas dengan jumlah total 18 kelas. Masing-masing dari mereka dibimbing oleh pengajar pelajaran Tarbiyah bersama wali kelas untuk menyiapkan segala sesuatu terkait i’dad pembelajaran (RPP). Pelajaran yang didemonstrasikan adalah pembelajaran Muthola’ah kelas 2 KMI.

Di setiap kelas, ada kurang lebih 20 siswa kelas 2 atau 1 Intensif yang menjadi sasaran pembelajaran. Siswa kelas 6 selain pengajar, menjadi muntaqid (pengoreksi) yang mengamati secara langsung proses pembelajaran di dalam kelas. Jika menemukan kesalahan pada pengajar, maka mereka diwajibkan untuk mencatat dan menyampaikannya dalam forum evaluasi setelah proses pembelajaran.

Begitulah simulasi ujian praktek mengajar yang diselenggarakan selama kurang lebih 1 jam, lalu dilanjutkan dengan evaluasi selama kurang lebih 3 jam. Hal ini akan memberikan gambaran kepada seluruh siswa akhir yang akan menjadi pengajar maupun pengoreksi pada ujian Tarbiyah ‘Amaliyyah agar dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Semoga rentetan persiapan ujian praktek mengajar ini dapat berjalan dengan lancar, sehingga pada saatnya nanti, seluruh siswa akhir KMI 2021, Virtuous Generation dapat mendapatkan pengalaman dan hasil terbaik pada ujian tahun ini. #brada

 

Popular Articles