Date:

Share:

Mensyukuri Kemerdekaan Republik Indonesia Ala Gontor

Related Articles

Gontor – 72 Tahun merupakan umur yang tidak muda lagi, umur yang sebenarnya sudah cukup untuk bersantai untuk menikmati buah perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Bangsa Indonesia tidak mendapatkan kata merdeka begitu saja. Sejarah yang panjang mewarnai proses kemerdekaan bangsa Indonesia hingga diproklamirkan dengan perebutan kekuasaan yang berdarah-darah melawan penjajah, maka penghargaan kepada para pahlawan-pahlawan harus kita junjung setinggi mungkin.

Pesantren merupakan benteng utama bangsa ini, pesantren menjadi pasukan terdepan dalam menentang penjajahan dan segala bentuk penindasan para penjajah, dan itu tidak dapat di nafikan dalam goresan tinta sejarah bangsa Indonesia.

Kamis, 17 Agustus 2017, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Ponorogo turut mengadakan upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai bentuk memaknai arti kemerdekaan. Acara apel tersebut dilaksanakan di lapangan sepakbola PMDG yang berada disebelah utara gedung Indonesia. Adapun peserta upacara kamis (17/8), seluruh santri kelas 1 hingga 6, dan seluruh guru-guru Pondok Modern Darussalam Gontor, turut hadir pula Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, KH. Hasan Abdullah Sahal dan KH. Syamsul Hadi Abdan di panggung kehormatan, sementara itu KH. Hasan Abdullah Sahal menjadi Inspektur Upacara dalam apel tersebut, dan dalam pidatonya, beliau memaparkan tentang makna kemerdekaan, “Kemerdekaan adalah sesuatu yang sangat berharga di dalam hati dan kehidupan manusia lahir bathin. Paling menyengsaraan manusia adalah pada saat manusia sedang di jajah, kesengsaraan tertinggi adalah saat dijajah, kaya dijajah tidak enak apalagi miskin juga tetap terjajah, sehat tidak enak dijajah apalagi sakit dijajah, maka KEMERDEKAAN adalah benar-benar hadiah dari Allah SWT, sakit semua orang apabila dijajah, maka kita semua harus mensyukuri nikmat kemerdekaan ini yang telah dibayar oleh para pendahulu (pahlawan) kita”.

Begitulah cara Gontor dalam mensyukuri kemerdekaan, dengan tetap berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan ummat serta bersatu membina bangsa.

 

Tulisan terkait:

Galeri Upacara Kemerdekaan RI ke-74 di PMDG

Puisi Kemerdekaan Karya Santri Gontor: Merah Putih Suci

Puisi Kemerdekaan: Di bawah Kibaran Merah Putih

Popular Articles