Date:

Share:

Menjaga Mahkota Pondok Dengan Fathul Mu’jam

Related Articles

DARUSSALAM“Al-lughotu taju-l-ma’had”, bahasa adalah mahkotanya pondok. Kalimat tersebut sudah menjadi moto yang senantiasa diperdengarkan kepada seluruh penghuni Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) dalam rangka menekankan akan pentingnya berbahasa resmi, yaitu Arab dan Inggris.

Salah satu sarana untuk mengukur kemampuan bahasa santri, khususnya dalam bidang kaidah bahasa, maka diadakan ujian Fathu-l-Mu’jam Wa-l-Mu’jam al-Mufahros untuk Siswa Akhir Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) pada hari Senin-Selasa, 15-16 September 2020. Kegiatan tersebut diselenggarkan di gedung Sudan PMDG dan diikuti oleh seluruh siswa Akhir KMI 2021, Virtuous Generation yang berjumlah 720 siswa.

Fathu-l-mu’jam wa-l-mu’jam al-mufahros adalah kegiatan membuka kamus bahasa Arab, yaitu Munjid dan kamus ayat-ayat Al-Qur’an, yaitu Al-Mu’jam Al-Mufahros Li Alfadzi-l-Qur’an. Dalam kegiatan ini, para siswa diuji untuk mencari suatu kata dalam bahasa Arab, lalu menentukan makna yang paling tepat dan menuliskannya, juga menentukan letak suatu ayat dalam Al-Qur’an.

Sesuatu yang berbeda dari kegiatan ini adalah kamus yang digunakan merupakan kamus bahasa Arab ke dalam bahasa Arab, bukan menerjemahkannya ke bahasa Indonesia. Hal ini menuntut kemampuan para siswa untuk memahami secara mendalam terkait makna kata dan konteks kalimatnya. Selain itu, mereka juga dituntut untuk bisa menyelesaikan beberapa soal dengan batas waktu yang telah ditentukan, sehingga kecepatan juga dibutuhkan dalam ujian ini.

Diharapkan dengan terselenggaranya acara ini, para santri, khususnya siswa kelas 6 KMI semakin terpacu untuk meningkatkan kemampuan diri dalam mencari/menentukan makna suatu kalimat dengan membuka kamus. Hal ini sejalan dengan salah satu Panca Jiwa PMDG, yakni berdikari. Para santri harus bisa mandiri dalam menyelesaikan masalah yang ditemukannya saat belajar bahasa. Ibaratnya, kamus merupakan kunci untuk membuka pintu, yaitu ilmu pengetahuan yang ada pada kitab-kitab tertentu berbahasa Arab. Brada

 

 

Popular Articles