Date:

Share:

Mengembangkan Kemampuan Beribadah, FKTMD-PP. IKPM Adakan Pelatihan Adzan, Imamah, dan Tahsinul Qira’ah

Related Articles

GONTOR–Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Bidang Dakwah dan Pendidikan melalui Forum Komunikasi Takmir Masjid Darussalam (FKTMD) menggelar Pelatihan Adzan, Imamah, dan Tahsin al-Qira’ah di Hall Kantor Pusat IKPM, Sabtu (23/12). Acara ini dihadiri oleh Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PM. Gontor), K.H. Syamsul Hadi Abdan, Ketum PP. IKPM, Ustadz H. Ismail Abdullah Budi Prasetyo, dan beberapa pengurus PP. IKPM dan FKTMD. Tercatat, 190-an takmir dan remaja masjid mengikuti pelatihan ini.

Pimpinan PM. Gontor, K.H. Syamsul Hadi Abdan, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa nilai acara ini sangat penting sekali dalam rangka menegakkan kalimat Allah di muka bumi. “Semua yang hadir di sini tidak ada yang dibayar dalam berjuang di jalan Allah. Pondok berkewajiban untuk memberikan pembinaan dan pengembangan masyarakat dalam syiar-syiar Islam,” jelas Kiai Syamsul.

Pelatihan ini bertujuan untuk membantu pengembangan kemampuan para takmir dan remaja masjid dalam pelaksanaan adzan, imamah, dan tahsin al-qira’ah sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen PP. IKPM untuk memberikan program-program pengembangan masyarakat sekitar.

Pemateri dalam pelatihan adalah Ustadz H. Syarif Abadi yang menyampaikan materi fikih adzan dan imamah baik secara teori maupun praktik, dan Ustadz H. Nur Tsalits Al-Amin, M.Pd.I. yang menyampaikan fikih shalat dan tahsin al-qira’ah.

Ketua FKTMD, Ustadz Najmuddin, S.Pd., menambahkan, pelatihan-pelatihan untuk takmir dan remaja masjid ini akan dilanjutkan secara berkala. “Kita perlu memperhatikan para remaja masjid, karena merekalah generasi penerus umat Islam dalam memakmurkan masjid dengan ibadah dan kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat,” ungkap Ustadz Najmuddin.

Setiap takmir dan remaja masjid sangat bersemangat dan antusias dalam mengikuti pelatihan ini, banyak pengalaman dan ilmu yang bisa mereka dapat di pelatihan ini, yang kelak akan mereka bawa dan praktikkan di tempat dan di masjid mereka masing-masing. Muis

Popular Articles