Date:

Share:

Mengatur Waktu Dalam Bekerja; Tips Pintar Manajemen Waktu

Related Articles

Dalam satu hari, setiap dari kita hampir tidak pernah sepi dari kegiatan. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, semua memiliki kesibukannya masing-masing. Bentuk kesibukannya pun beragam; mulai dari belajar di sekolah, bekerja di kantor, ataupun pergi ke pasar untuk sekedar berbelanja. Selama 24 jam kita selalu melakukan kegiatan yang sangat bervariasi, bahkan waktu tersebut bisa jadi terasa kurang untuk menyelesaikan semua kewajiban yang ada. Untuk itu, mengatur waktu menjadi sangat penting dalam keseharian kita.

 

Kesibukan yang begitu banyak tidak dapat diselesaikan dengan maksimal bila tidak didukung dengan manajemen waktu yang tepat. Untuk itu, diperlukan kepiawaian dalam mengatur waktu agar pekerjaan yang ada dapat diselesaikan dengan lebih baik. Berikut beberapa tips dalam mengatur waktu yang dapat membantu kita menyelesaikan berbagai tanggung jawab yang kita miliki.

 

  1. Membuat To Do List

Banyaknya kegiatan yang sangat menumpuk dalam keseharian kita terkadang membuat kita lupa beberapa hal, hingga akhirnya mengakibatkan kita melewatkan tidak sedikit pekerjaan yang tertinggal. To Do List ini merupakan salah satu cara yang simpel dan efisien untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan menuliskan daftar kegiatan yang harus dilakukan pada saat itu; baik dalam selembar kertas ataupun  di dalam buku kita, kita bisa membuat perencanaan yang lebih matang sebelum mulai melaksanakannya satu demi satu. Tulislah beberapa kegiatan yang memang sudah direncanakan sebelum tidur untuk dikerjakan esok hari.

 

  1. Membuat Skala Prioritas

Setelah membuat To Do List dengan beragam kegiatan yang semuanya penting, maka kita harus membuat skala prioritas atau kegiatan apa yang harus diutamakan terlebih dahulu. Dengan adanya skala prioritas, maka kegiatan yang sudah tertulis di dalam To Do List kita akan lebih mudah dikerjakan.

 

  1. Membuat Tenggat Waktu

Walaupun To Do List sudah kita siapkan berikut skala prioritasnya, namun bila tanpa adanya tenggat waktu suatu kegiatan itu diselesaikan, maka akan menghambat kegiatan yang sudah kita rencanakan setelahnya. Adanya tenggat waktu akan membantu membuat pekerjaan kita selesai dengan baik dan tepat waktu, serta melatih kita untuk bertanggung jawab dan berkonsekuensi dengan waktu yang ada.

 

  1. Fokus Pada Pekerjaan

Agar pekerjaan selesai dengan baik dan pada waktunya, salah satu cara yang paling efektif serta ampuh untuk melaluinya adalah: mengerjakannya dengan fokus. Kesampingkanlah hal-hal yang berpotensi menghambat pekerjaan kita, agar kita bisa fokus menyelesaikan pekerjaan yang sedang dikerjakan dengan baik dan tepat waktu.

 

  1. Hindari Multitasking

Seseorang yang multitasking tidak sepenuhnya berarti negatif. Namun dalam mengerjakan suatu pekerjaan, bila kita mengerjakannya bersamaan dengan pekerjaan lainnya akan membuat fokus kita terpecah dan menghambat pekerjaan. Bahkan tidak jarang yang demikian dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dengan hasil yang kurang optimal. Untuk itu, dengan menghindari multitasking tersebut kita dapat mengutamakan optimalisasi hasil dari pekerjaan kita dan menjadikannya lebih baik dan rapih.

 

  1. Istirahat yang Cukup

Tidak kalah penting dari hal-hal tersebut di atas, istirahat merupakan suatu komponen yang juga memiliki pengaruh yang besar. Di samping kegiatan yang banyak dan padat, alangkah baiknya agar memberikan kepada tubuh kita waktu istirahat yang cukup. Dengan adanya jeda waktu di antara beberapa kegiatan yang kita miliki, kita bisa memanfaatkannya untuk beristirahat barang duduk santai sambil meneguk minuman hangat yang dapat membuat kita merasa lebih rileks, ataupun dengan merebahkan badan dan tidur sejenak jika memang diperlukan.Fawwaz

 

 

Related Articles:

Bersahabat dengan Waktu

Hargailah Waktu!

Popular Articles