Date:

Share:

Mencetak Pemimpin Berkualitas, Kepramukaan Gontor Adakan Geladian Pinsa Pinru

Related Articles

GONTOR— Pada Selasa (3/10) hingga Jum’at (6/10) Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) disibukkan dengan satu kegiatan ekstrakurikuler rutin yaitu acara Gladian Pinsa (Pimpinan Saga) dan Pinru (Pimpinan Regu). Dalam pelaksanaannya, staf Mabikori dibantu oleh staf Koordinator Gerakan Pramuka PMDG serta panitia yang terdiri dari siswa kelas 5 KMI. Adapun materi yang disampaikan dalam kesempatan ini, meliputi skill dasar kepramukaan seperti: Upacara, Dinamika Kelompok, Baris-berbaris, Morse, Semaphore, Perkemahan, dan P3K.
Tujuan diadakannya acara ini adalah mengembangkan kecakapan dan keterampilan dalam kepramukaan, dan ini merupakan salah satu latihan praktik secara praktis kepada para Pemimpin Regu dan Sangga serta penanaman kesadaran akan tugas dan kewajiban sebagai pemimpin regu, dan juga melatih kepemimpinan untuk memberikan, menganyomi dan memimpin serta membina kerja sama yang baik di dalam pasukan dan sangganya masing-masing.
Di hari Kamis, tibalah saatnya mereka mengamalkan apa yang mereka dapat dari pelatihan ini. Setiap peserta menjadi pemimpin di POT-nya masing-masing. Upacara pembukaan dan penutupan kepramukaan merekalah yang memulai dari hari itu sampai seterusnya.
Acara yang diakhiri dengan kegiatan Out Bond dan Wisata Alam ini diikuti oleh seluruh santri yang menjabat sebagai Pimpinan Sangga (Pinsa) dan Pimpinan Regu (Pinru) dari setiap Gugus Depan. Pada tahun ini, panitia mengambil lokasi yang cukup berbeda, tepatnya di Tawangmangu, Karanganyar, di sanalah para Pinsa dan Pinru dikenalkan dengan berbagai macam Out Bond dan permainan yang dapat meningkatkan skill mereka, sekaligus bekal untuk menjadi Pinsa dan Pinru.Muis

Popular Articles