Date:

Share:

Menanamkan Jiwa Kepemimpinan, Gontor Adakan Seleksi Utusan Konsulat dan Gugus Depan

Related Articles

GONTOR–“Patah tumbuh hilang berganti, sebelum patah sudah tumbuh, sebelum hilang sudah berganti, siap memimpin dan siap dipimpin”, semboyan yang tidak asing di telinga para penghuni Darussalam. Semua santri dituntut untuk bisa memimpin dan dipimpin, yang memimpin, harus paham bagaimana memimpin, dan yang dipimpin juga harus mengerti bagaimana dipimpin.

Senin (8/1), seluruh santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) berkumpul di Masjid Jami’ untuk menyimak pengarahan yang disampaikan oleh K.H. Hasan Abdullah Sahal, selaku pimpinan PMDG. Pengarahan yang disampaikan berkaitan dengan pemilihan utusan dari tiap-tiap konsulat dan Gugus Depan yang di kemudian hari akan menjadi calon pengurus Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) dan Koordinator Gerakan Pramuka.

Pemilihan utusan di setiap Gugus Depan diadakan pada siang hari, bertempat di zona yang sudah ditentukan oleh panitia. Setiap santri berhak memilih dua calon sebagai kandidat ketua Koordinator Gerakan Pramuka, setelah terpilihnya utusan dari setiap Gugus Depan, para kandidat tersebut akan dipilih kembali, hingga tersisa 10 orang saja yang nantinya akan dipilih langusung oleh Pimpinan PMDG sebagai formatir sekaligus Ketua Koordinator Gerakan Pramuka.

Tujuan diadakannya pergantian pengurus adalah untuk melanjutkan estafet kepengurusan organisasi dari siswa kelas 6 kepada siswa kelas 5 Kulliyatu-l Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI). Selain itu, agenda ini juga membentuk karakter pemimpin masa depan bagi mereka yang akan berkiprah di masyarakat, serta melahirkan para perwira cerdas, tegas, adil, dermawan dan bijaksana seperti Abu bakar As-Shiddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Umar bin Abdul Aziz, dan seperti pemimpin-pemimpin Islam lainnya. Muis

Popular Articles