Date:

Share:

Mempersiapkan Guru di Masa Mendatang, PMDG Adakan Pengarahan untuk Pengajar Pelajaran Sore

Related Articles

DARUSSALAM – Sebagai lembaga pendidikan yang menjadi tempat persemaian calon-calon guru dan pemimpin, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) dengan kurikulum KMI-nya tidak hanya bertujuan untuk mendidik kehidupan para santrinya, melainkan juga untuk mencetak guru-guru Islam yang berkualitas. Oleh sebab itu, di samping Ujian Praktik Mengajar yang pastinya akan mereka lalui pada rentetan ujian akhir KMI, para santri yang sudah menginjak jenjang yang lebih senior juga mendapatkan kesempatan untuk berlatih kepiawaian dalam mengajar dengan praktik langsung sebagai pengajar di pelajaran sore.

Selama kurang lebih tujuh bulan ditugaskan menjadi pengajar pelajaran sore, para siswa akhir KMI yang akan segera menghadapi ujian akhir pun dinonaktifkan dari tugas mengajar. Sebagai gantinya, siswa kelas 5 KMI yang juga meneruskan estafet keorganisasian di OPPM dan KGP pun mendapat kesempatan untuk menggantikan kakak kelasnya menjadi pengajar di pelajaran sore. Materi-materi yang mereka ajarkan di pelajaran sore adalah pelajaran-pelajaran dasar bahasa Arab dan Inggris seperti Muthala’ah, Nahwu, Imla’, Reading, serta materi bacaan Al-Qur’an.

Suasana pengarahan pengajar pelajaran sore di BPPM.

Demi mempersiapkan pengajar yang baik dan berkualitas, maka PMDG pun mengadakan pengarahan kepada para pengajar pelajaran sore dari siswa kelas 5 KMI dengan harapan dapat menjadi gambaran cara mengajar di hadapan murid-muridnya sehingga mampu mempersiapkan diri secara lahiriah dan batiniah. Acara pengarahan tersebut diadakan pada hari Rabu (30/11) malam, yang bertempat di BPPM. Selain pengarahan untuk menjadi pengajar pelajaran sore, pada acara malam hari itu siswa kelas 5 juga mendapatkan pengarahan terkait supervisi kegiatan latihan pidato siswa kelas 1-4 KMI.

Merasakan pengalaman nyata dalam mengajar merupakan salah satu bentuk pendidikan di PMDG yang sangat bermanfaat dan berharga sebagai bekal para santri. Sebagaimana yang dicita-citakan oleh Trimurti pendiri PMDG, bahwa alumni PMDG dihrapakan bisa menjadi pengajar yang baik bukan hanya di ruang-ruang kelas saja, melainkan juga menjadi guru yang mengajari kehidupan kepada setiap orang yang ada di masyarakatnya kelak.

(Berita: Arif Baroya, Foto: Farobi, Editor: Husain, Review: Riza Ashari).

Artikel Terkait:

Meningkatkan Kualitas Belajar dengan Pelajaran Sore dan Latihan Pidato

Tanamkan Ruuh-ul-Mudarris, Kelas 5 Diamanati Mengajar Pelajaran Sore

Kegiatan Pelajaran Sore dan Latihan Pidato di PMDG Kembali Dibuka

Popular Articles