Date:

Share:

Memperkenalkan Kebiadaban PKI, Gontor Gelar Nobar Film G30S/PKI

Related Articles

GONTOR– Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) pernah menjadi salah satu target penyerangan pasukan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tahun 1948, mereka bertujuan menghancurkan Pesantren Gontor dan menagkap para kiai dan santri. Alhamdulillah saat kondisi genting, datang pertolongan Allah, melalui pasukan Hizbullah dan Siliwangi yang datang lalu mengusir PKI dari Pondok.

Maka dari itu, PMDG menggelar nonton bareng Film Dokumenter G30S/PKI untuk mengenang kekejaman PKI. Acara ini diikuti oleh seluruh santri dan guru PMDG, pada hari Kamis malam, (1/10), para santri menonton di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), sedangkan para guru di Aula Rabithah.

Pada siang hari diadakan tidur wajib untuk para santri, demi persiapan malam harinya untuk nonton bersama film yang menceritakan kekejian gerakan Partai Komunis Indonesia (PKI) untuk menculik dan membunuh para jenderal TNI pada tahun 1965.

Pemutaran film dokumenter tersebut tak lain merupakan sarana pendidikan, dan sejarah bagi santri, di mana mereka akan mengetahui kebiadaban PKI terhadap para ulama, pahlawan revolusi, dan juga pondok ini. Selain itu, para santri juga bisa memahami bahwa komunisme adalah paham berbahaya dan dilarang di Indonesia. Semoga sejarah ini menjadi pengingat dan pelajaran berharga untuk perjuangan mempertahankan Islam, Pesantren, Bangsa dan Negara. Muis

Popular Articles