Date:

Share:

Membentuk Ekonomi yang Islami, Fakultas Syari’ah Kembali Adakan Seminar dan Olimpiade

Related Articles

Kontingen Gontor pusat berpose bersama segenap dosen usai acara penutupan
Kontingen Gontor pusat berpose bersama segenap dosen usai acara penutupan

DARUSSALAM–Perkembangan ekonomi Islam terutama perbankan dan keuangan Islam di Indonesia berlangsung sangat cepat. Dalam rangka mewujudkan dan memperkuat pribadi ekonom muslim khususnya para mahasiswa, Fakultas Syari’ah ISID kembali mengadakan “Sharia Economist Training (SET) dan Olimpiade Ekonomi dan Hukum Islam se-Jawa Timur 2014”. Acara ini merupakan perhelatan ekspresi intelektual mahasiswa kampus ISID dan kerjasama dengan Forum SIlaturrahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) regional Jawa Timur.

Acara bertajuk “Building the World Civilization With the Islamic Law and Economics” ini diikuti oleh sejumlah perguruan tinggi yang ada di Jawa Timur seperti Malang, Surabaya, Jember, dan lain sebagainya. “Acara ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu acara seminar tentang ekonomi Islam serta olimpiade ekonomi dan hukum Islam”, tutur Ahmad Faris Faisal selaku ketua panitia pelaksanaan acara ini. Acara seminar yang dimaksud berlangsung selama dua hari yaitu dari hari Rabu (23/4) hingga Kamis (24/4), sementara acara olimpiade diwaktukan pada hari Jum’at (25/4).

Acara seminar yang berlangung selama 2 hari di area kampus pusat ISID Siman tersebut diisi oleh beberapa pembicara yaitu Dr. H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A., M.Phil. yang mengisi tentang islamisasi ilmu pengetahuan, Dr. H. Dihyatun Masqon, M.A. tentang peran bahasa dalam islamisasi ilmu ekonomi, Drs. H. Y. Suyoto Arief, M.S.I. tentang operasional BMT, dan Dr. Setiawan bin Lahuri, M.A., dan H. Khoirul Umam, M.Ec. tentang islamisasi ilmu ekonomi yang semuanya bertempat di aula CIOS ISID.

Sementara acara olimpiade yang diadakan pada hari Jum’at (25/4) meliputi 2 divisi yaitu ekonomi Islam dan hukum Islam. Divisi ekonomi Islam melombakan cerdas cermat ekonomi, debat, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Master of Economy, statistik, akuntansi, dan business plan. Sementara untuk divisi hukum Islam, perlombaannya adalah cerdas cermat hukum, firqotul mujtahid, debat, LKTI Hukum, master of Islamic law, dan faraidh. Kontingen mahasiswa kampus ISID Rabithah (Gontor pusat) dalam ajang ini meraih juara 3 lomba cerdas cermat ekonomi, juara 3 lomba business plan, dan juara 1 lomba firqotul mujtahid.

Tujuan dari acara yang didesain sebagai pelatihan dan pembentukan karakter serta olimpiade ini adalah untuk menawarkan wacana, media diskusi, media kajian, media pembangunan pengetahuan, dan media berbagi pengalaman di bidang ekonomi dan hukum Islam.Fei

Popular Articles