Date:

Share:

Melatih Kreasi dan Kreativitas, Koordinator Gelar Praktek Pengayaan Lapangan (PPL)

Related Articles

PPLFaishal Hamzah, santri kelas 4 KMI, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Layaknya kelas 4 pada umumnya, ia menjalankan kegiatan kepramukaan dengan baik. Satu hal yang membedakannya adalah, tepat pada Kamis (10/4), ia mendapat amanah untuk menjadi salah satu peserta dari 30 peserta Praktek Pengayaan Lapangan (PPL) Perdana. “saya dilatih bagaimana mencoba keberanian dalam menyampaikan kreasi di depan adika-adika, mampu berkreativitas dan dituntu agar mampu menyelesaikan tugas dengan segera”,tuturnya.

Merupakan kegiatan extrakulikuler, merujuk kepada ranah kepramukaan. PPL merupakan salah satu pendidikan kognitif di PMDG, dengan arti lain pendidikan yang memberi perhatian khusus kepada proses pemikiran seorang pelajar, seperti kemahiran berfikir secara kritis, kreatif dan memotivasi diri sendiri.

Dalam hal ini, Koordinator Gerakan Pramukalah sebagai tim penilai, bagaimana seorang peserta dikatakan lulus. Rutinias kepramukaan tahunan ini, diwajibkan bagi seluruh santri PMDG kelas 3 intensif dan kelas 4 KMI. Diselenggarakan dibeberapa sudut kampus PMDG.

Bagaimana PPL dikatakan sukses?, peserta dinyatakan sukses dalam PPL, apabila memenuhi aspek-aspek penilaian dewan juri, diantaranya; ketrampilan, kerapian, kreasi, penyampain materi, respon adika pramuka dan hasil karya. Berikut kategori penilaiannya:

  1. Nilai 1-80              : Tidak lulus;
  2. Nilai 85-160          : Lulus bersyarat dan;
  3. Nilai 165-240        : Lulus

Inilah Pramuka Gontor, media pelatihan dan pendidikan kepemimpinan,  kemasyarakatan, mental dan karakter. elfah

Popular Articles