Date:

Share:

Marching Band Gema Nada Darussalam (MBGND)

Related Articles

Gontor – Marching Band Gema Nada Darussalam (MBGND) adalah salah satu ektra kurikuler seni di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), dan pada acara Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy nanti juga ikut serta menampilkan beberapa instrumen lagu serta mengenalkan ekstrakurikuler tersebut kepada santri baru.

Beberapa minggu sebelumnya mereka mengadakan latihan untuk persiapan penampilan Apel Tahunan Khutbatu-l-‘Arsy di sebelah barat Gedung Olah Raga (GOR). Setiap hari mulai dari pagi, siang hingga malam, wilayah tersebut selalu dipenuhi anak-anak yang membawa alat-alat marching band untuk latihan.

Latihan pagi diisi dengan tracking atau drill (baris-berbaris dalam marching band), latihan siang diisi dengan penambahan materi lagu per alat, dan malam diisi dengan pengulangan lagu sekaligus permainan full band. Latihan sudah berjalan selama 10 hari sejak usainya upacara pembukaan Porseni pada Jum’at (28/6) lalu.

Lagu yang dibawakan untuk penampilan nanti berjumlah 3 lagu; lagu pertama yaitu Gending yang terdiri dari lagu Gending Sriwijaya, Gending Banyuwangi dan janger, kemudian lagu Padhang Bulan dan Ayam Den Lapeh, serta lagu terakhir adalah 90 langkah.

Hingga hari ini, persiapan sudah hampir memasuki 50 persen karena sudah memasuki materi lagu kedua. Target yang perlu dikejar adalah penyelesaian materi hingga lagu ketiga, kemudian dilanjutkan dengan latihan display. Beberapa kendala yang dihadapi selama masa latihan adalah recruitment, karena ada beberapa player yang memiliki kesibukan pada acara PPKA lainnya sehingga harus mengundurkan diri.

Data player yang akan tampil pada Apel Tahunan ini adalah: Hornline 41 orang, Percussion Line 17 orang, Pits Instrument 13 orang, dan Colour Guard 15 orang. Total seluruhnya adalah 86 orang. Untuk membantu persiapan latihan MBGND, beberapa pelatih dari alumni bergabung dalam tim sejak awal Juli lalu. Zahrulmuhsinin

Popular Articles