Date:

Share:

Malam ini, Kami akan Menjadi Saksi Dongeng Sepuluh Tahunan itu

Related Articles

Sepuluh tahun lalu, kami pernah mendengar ada sebuah penampilan yang ditahbiskan sebagai pentas paling akbar di pesantren kami. Karena belum menjadi santri kala itu, kami hanya mendengar dari omongan orang-orang dahulu tentang semaraknya dan fenomenalnya perhelatan seni itu. Pentas akbar yang hanya digelar saat jenjang usia tertentu Pondok Modern Darussalam Gontor itu, bernama Darussalam All Star Show.
Dan hari ini, 8 September 2016, seluruh santri Gontor dari Kelas 1 hingga guru paling senior, mendapat kesempatan langka tersebut. Hari ini kami akan mempertunjukkan, sekaligus menonton sendiri Darussalam All Star Show pada Peringatan 90 Tahun Gontor. Ya, usai rentetan kegiatan Peringatan 90 tahun Divisi Santri, hari ini adalah puncaknya. Kami semua, tentunya masyarakat juga, akan disuguhi sajian seni yang akan diisi seluruh bintang yang ada di Gontor. Karena bertajuk “All Star”, maka pentas ini tak dapat dibandingkan dengan Drama Arena ataupun Panggung Gembira yang digelar tahunan. Bukannya mengecilkan kedua pentas itu, namun memang keduanya tak dapat mengeluarkan “All Star” di Gontor. Mengingat adanya pakem-pakem yang telah ditetapkan bagi kedua pentas tersebut, yakni batasan kelas yang mengikat.

Persiapan Panitia jelang Darussalam All Star Show
Persiapan Panitia jelang Darussalam All Star Show

Namun malam ini, “All Star” tersebut akan kami saksikan kembali. Dari manusia masterpiece Gontor di bidang musik, seni tari, teater, tarik suara, broadcast, drama, multimedia, hingga bidang pelaksanaan, semacam dekorasi, pertamanan, dan perlengkapan, akan kami saksikan bersama masyarakat malam hari ini.
Kesyukuran ini tak terbendung adanya. Kami rindu suasana seperti ini. Saat para guru tanpa gengsi ‘turun gunung’ ikut tampil bersama para santri hanya semata-mata ingin menunjukkan bahwa inilah adanya penampilan terbaik di Gontor. Makna “All Star” adalah optimalisasi dalam pementasan, puncak dari segalanya, dan batas tertinggi dari kemampuan seluruh anak adam yang bernafas dalam Pondok Gontor ini.
Maka tak ayal, jika malam ini, hati ini serasa berdebar menantikan show tersebut. Rasanya sayang jika dilewatkan. Acara ini sengaja digelar di lapangan hijau, mengingat salah satu tujuan dari pementasan adalah menghibur masyarakat. Sebagai bentuk kesyukuran Pondok menginjak usianya yang ke-90 tahun.
Semoga malam ini bintang-bintang menghiasi langit demi kelancaran acara Darussalam All Star Show, memayungi bintang-bintang yang malam ini pula, akan menghiasi panggung pementasan akbar tersebut. Kalau boleh memberi nasihat kepada seluruh santri, “Nak, saksikan dengan kelopak tak tertutup sejak awal, resapi aura malam ini ke dalam sukmamu, arahkan hatimu untuk menerima segala suguhan hebat, dan sembari berdoa dengan rendah hati, agar ini semua mendatangkan keberkahan kepada Pondok kita, sekarang, dan untuk selamanya.”binhadjid

Popular Articles