Date:

Share:

Mahasiswa UNIDA Prodi Ekonomi Islam Selesaikan SPL Di Malang

Related Articles

Mahasiswa UNIDA Prodi Ekonomi Islam Selesaikan SPL Di Malang5
Peserta SPL di Rumah Zakat, Malang.
Mahasiswa UNIDA Prodi Ekonomi Islam Selesaikan SPL Di Malang2
Peserta SPL di Pengolahan Limbah Kaleng, Malang.

MALANG – Dalam rangka mengenali lapangan dan memetakan permasalahan ekonomi yang ada dalam prakteknya, Mahasiswa Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Program Studi Ekonomi Islam melaksanakan kegiatan Studi Praktek Lapangan (SPL) di Kota Malang. Kegiatan ini diikuti oleh 19 orang mahasiswa semester enam UNIDA Kampus Gontor. Tempat pelaksanaan SPL ini terbagi menjadi 5 lokasi, diantaranya: Duta Catering, Pengolahan Limbah Kaleng, Kerajinan Keramik, LAZIS Sabilillah, dan Rumah Zakat. Pelaksanaannya dilangsungkan selama 6 hari, Senin-Sabtu, 23-28 Februari 2015.

Mahasiswa UNIDA Prodi Ekonomi Islam Selesaikan SPL Di Malang4
Peserta SPL di Kerajinan Keramik, Malang.

Duta Catering merupakan usaha pelayanan jasa penyedia santapan hajatan yang terbesar di Malang. Usaha ini didirikan oleh Bapak Suhardjito beserta istri beliau pada tahun 1991. Berawal daripada tugas yang diberikan oleh atasan beliau di sebuah BPR di Malang pada waktu itu, untuk menyediakan makanan pada sebuah pertemuan dengan para nasabah. Karena adanya keterbatasan anggaran pada waktu itu, akhirnya beliau meminta izin kepada atasan untuk mengolah anggaran itu sendiri. Ketika acara saat itu dinilai sukses, dan ternyata anggaran yang terpakai masih tersisa, akhirnya beliau dan istri memberanikan diri untuk membuka usaha catering. Sampai saat ini, omset usaha catering beliau di akhir tahun 2014 tercatat sebesar 30 Miliar. Beliau berpesan bahwa kunci kesuksesan usahanya tersebut adalah niat yang baik, dengan tidak merugikan orang lain dan amanah terhadap kepercayaan pelanggan.

Mahasiswa UNIDA Prodi Ekonomi Islam Selesaikan SPL Di Malang6
Peserta SPL di BMT LAZIS Sabilillah, Malang.

Di usaha pengolahan limbah kaleng, limbah yang berasal dari kaleng mesiu dimanfaatkan oleh Bapak Udin menjadi tong sampah. Saat ini tong sampah buatannya telah tersebar di sepanjang trotoar-trotoar dan sekolah-sekolah di Kota Malang. Beliau berpesan bahwa dalam memanfaatkan peluang dibutuhkan kejujuran dan keikhlasan, sehingga segala yang diusahakan dapat mendatangkan berkah. irba

 

Popular Articles