Date:

Share:

Mahasiswa Unida Gelar Donor Darah di Gontor

Related Articles

GONTOR-Himpunan Mahasiswa Prodi D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) UNIDA Gontor menggelar donor darah bagi para santri dan guru.  Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Rabithah, Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Rabu (24/1) lalu.

 

Zikri Amarullah sebagai Panitia Penyelenggara menjelaskan acara donor darah ini sangat bermanfaat bagi para santri dan guru, tujuannya menjalin kerjasama Diplomat 4 Keselamatan Kesehatan Kerja dengan PMI Ponorogo dalam penyediaan darah bagi pasien yang membutuhkan, seperti kecelakaan, transplantasi organ, penyakit kronis dan kritis seperti kanker, anemia, anemia sel sabit, hemofilia, dan lain sebagainya. “Donor darah pun menyehatkan santri dan para asatidz” tambahnya.

 

Menurutnya, setelah mendonorkan darah sekitar 200 ml – 450 ml dari dalam tubuh, semua sel ffdarah merah yang hilang akan diganti dalam waktu empat sampai delapan minggu, dengan yang baru. Sel-sel darah merah yang baru akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien dan produktif. ‘’Bagi pendonor, manfaat yang diambil adalah dapat menjaga kesehatan jantung dan membuat darah mengalir lebih lancar” kata Zikri.

 

Upaya kemanusisaan ini menjadi sarana bagi para santri untuk mendonorkan sebagian darahnya kepada yang membutuhkan. Tercatat 149 peserta hadir mengikuti acara donor darah ini, banyak di antara mereka menjalani donor darah untuk pertama kalinya. Salah satu pendonor, Muhammad Ishaq, santri dari Ngawi, mengatakan bahwa ini adalah kali pertamanya mengikuti acara donor darah. Rakafadel

 

 

 

Popular Articles