Date:

Share:

LSE 2010 Buktikan Eksistensi Exact Club di PMDG

Related Articles

GONTOR— Exact Club kembali menggelar expo bertajuk Laboratory Science Expo 2010, Jum’at (30/4) lalu. Acara ini merupakan sebuah ajang pembuktian eksistensi Exact Club di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Acara yang bersifat perkenalan ini berusaha memperkenalkan kepada seluruh santri se-Darussalam segala kegiatan yang dilakukan anggota Exact Club, baik di dalam maupun di luar laboratorium dalam kurun waktu setahun. Kegiatan tersebut mencakup observasi, penelitian, penemuan, desain grafis, keterampilan dan lain sebagainya.

Di samping itu, acara ini juga merupakan tolak ukur kemajuan dan perkembangan Exact Club hingga saat ini. “LSE 2010 berbentuk pameran alat-alat laboratorium dengan menunjukkan berbagai kegiatan praktek sebagai hasil pembelajaran anggota Exact Club, mulai dari pelajaran Kimia hingga pelajaran Elektronika. Dengan adanya acara ini, kami berharap dapat menularkan ilmu yang telah kami pelajari selama ini kepada teman-teman lainnya,” ujar Muhammad Nashiruddin Islam, ketua panitia penyelenggara.

Nashiruddin mengungkapkan, para anggota Exact Club dituntut untuk menyajikan yang terbaik dalam acara ini karena mereka telah digembleng dengan memadukan penyampaian teori disertai praktek. Hal ini bertujuan membantu para santri untuk memahami pelajaran sains yang sering menjadi momok bagi seluruh santri.

Sebenarnya, Nashiruddin menyatakan, LSE merupakan acara yang diselenggarakan anggota Exact Club dari kelas 3 Intensif dan 4 KMI. Akan tetapi, tahun ini kepanitiaan dipercayakan kepada anggota Exact Club dari siswa kelas 2 dan 3 KMI. Namun demikian, tidak berarti anggota Exact Club lainnya berpangku tangan tanpa memberikan kontribusi demi kesuksesan acara mereka. Justru sebaliknya, panitia mendapatkan bantuan dan dukungan penuh dari seluruh anggota Exact Club termasuk siswa kelas 5 dan 6.

Sementara itu, acara semacam ini sudah diadakan sebanyak dua kali pada tahun 2008 dan 2009. Nama LSE baru digunakan sejak tahun 2009 dengan menyajikan tes darah, sablon gelas dan praktek bedah. Sedangkan setahun sebelumnya yang merupakan acara perdana Exact Club bernama Spectacular Science Show (SSS). SSS hanyalah bertujuan memperkenalkan laboratorium yang baru berusia seumur jagung ketika itu karena gedungnya juga baru berdiri. Sedangkan LSE 2010 lebih menekankan budidaya jamur dan pembuatan VCD. Selain itu, LSE 2010 yang bertempat di sebelah timur Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) tersebut menggelar beberapa lomba sains. Di antaranya adalah lomba elektronik, lomba yang berkaitan dengan pelajaran Kimia, Fisika dan lain sebagainya.

Saat ini, anggota Exact Club mencapai 72 orang yang terdiri dari kelas 2-6 KMI dengan diketuai Rahmatiar Nugroho (6-B) dan Virgiawan (5-E). Di bawah bimbingan Ustadz Mufti Imam Suyanto, S.Pd.I, Ustadz Fuad Syukri Zein, Ustadz Prima Wibawa dan Ustadz M. Iqbal Vickry, mereka mengadakan kegiatan rutin di laboratorium seperti praktek, pengajaran, studi banding dan mentoring atau pengayaan materi.   

Rencananya, Exact Club akan membuka pendaftaran bagi para santri yang berminat mengembangkan bakat mereka dalam dunia eksak setelah Ulangan Umum Akhir Tahun 2010 minggu depan. Nashiruddin memaparkan, Exact Club juga berencana mengadakan seluruh perlombaan eksak pada acara Gontor Olympiad nanti. Exact Club juga akan mengadakan jadwal masuk laboratorium per minggu seperti halnya jadwal masuk perpustakaan bagi seluruh santri secara bergiliran. Agar kegiatan eksak semakin mendapat hati di kalangan santri, Exact Club juga berencana mengadakan orientasi yang waktunya belum ditentukan.


Popular Articles