Date:

Share:

Lomba Pidato Kelas 5: Santri sebagai “Mundziru al-Qaum”

Related Articles

GONTOR–Sebagai ‘mundziru al-qaum’, santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) dilatih untuk dapat memiliki mental kuat dan jiwa besar. Oleh karena itu, berbagai kegiatan dicanangkan secara rutin untuk mendidik santri demi tercapainya harapan mulia sebagaimana yang diajarkan dalam agama. Salah satunya adalah kegiatan latihan pidato yang diwajibkan untuk seluruh santri, baik yang suka ataupun yang tidak suka dengan kegiatan pidato.

Di samping pelaksanaannya dalam bentuk latihan, Gontor juga menyajikannya dalam bentuk lomba. Lomba tahunan yang bertujuan untuk menemukan juara dalam berpidato. Pidato dengan Bahasa Arab ataupun Inggris, yang dibagi menjadi dua gelombang, pertama untuk anggota (kelas 1-4 KMI), dan kedua untuk pengurus (siswa kelas 5 KMI).

Pada hari Ahad (24/1), lomba pidato dua bahasa yang diperuntukkan bagi siswa kelas 5 digelar di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Panitia yang mulai sibuk sejak satu minggu sebelumnya telah mendata seluruh kontestan yang berjumlah delapan orang. Delapan orang tersebut adalah mereka yang telah lolos seleksi per-kelas pada empat bulan yang lalu.

Bukan hanya itu, panitia juga berhasil menyulap aula menjadi sebuah istana yang megah. Istana yang mampu memanjakan setiap mata penonton dengan bermacam-macam hiasan yang tertempel di dinding aula. Ditambah dengan lampu hias yang tampak kontras di setiap sudut, yang membuat orang terkesima tatkala melihatnya.

Acara berlangsung dengan penuh gairah mulai pukul 20.15 hingga pukul 22.00 WIB. Adapun pemenangnya, untuk juara pertama kategori Bahasa Arab diraih oleh Andri Ramanda siswa kelas 5F, disusul oleh Khalifaturrahman siswa kelas 5B sebagai juara kedua. Sedangkan untuk kategori Bahasa Inggris, Muhammad Xavier siswa kelas 5K berhasil menduduki peringkat pertama, dan El-Azizi Dandi Muhammad siswa kelas 5B peringkat kedua. B. Dasasta

Popular Articles