Date:

Share:

Lomba Pidato Bahasa Arab dan Inggris Uji Potensi Bahasa Santri

Related Articles

DARUSSALAMAl-Ma‘hadu lā yanāmu abadan, kalimat yang selalu diucapkan oleh Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) di setiap pertemuan. Gontor tidak pernah berhenti untuk menciptakan dinamika kehidupan santri. Ahad (1/2) malam, PMDG mengadakan Lomba Pidato Bahasa Arab dan Inggris untuk menguji potensi bahasa santri. Language is our crown, inilah kalimat yang ditanamkan PMDG kepada santri. Bahasa merupakan mahkota yang tak ternilai harganya sehingga Gontor mewajibkan santrinya untuk terus ber-musabaqah dalam meningkatkan bahasa.

Lomba Pidato Bahasa Arab dan Inggris ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan pada setiap akhir semester. Karena, semua kegiatan di pondok merupakan pendidikan bagi setiap santri dan guru. “Apa yang Anda lihat, Anda dengar, dan yang Anda rasakan adalah pendidikan,” ujar Wakil Direktur KMI, H. Farid Sulistiyo, Lc., ketika membuka acara lomba pidato pada malam itu. Tujuan lain dari kegiatan ini adalah mendidik santri bagaimana cara berdakwah yang baik dengan lisan ketika kelak mereka terjun ke masyarakat.

Adapun pemenang lomba pidato kali ini dibagi dalam dua katerogi: Kategori Bahasa Arab dan Kategori Bahasa Inggris. Untuk Kategori Bahasa Arab, Juara 1 diraih Khairul Anwari Ramadhani Muttaqien (kelas 3-G) dari Rayon Syiria; Juara 2 dimenangkan oleh Azka Sabilirirasyad (kelas I Intensif E) dari Rayon Gedung Baru Kibar (GBK); dan Juara 3 berhasil disabet Ahmad Muchtar (kelas 4B) dari Rayon Sholihin 2. Sedangkan untuk Kategori Bahasa Inggris, Juara 1 jatuh ke tangan Mohammad Xavier Hidayatullah Putra Makoto (kelas 3 Intensif I) dari Rayon Sholihin 2; Juara 2 mampu direbut Mohamad Salman (kelas 1 Intensif B) dari Rayon Gedung Baru Kibar (GBK); dan Juara 3 dapat diraih Rahmat Bima Satria Lesmana (kelas 1 Intensif H) dari Rayon Wisma Hadi.

Usai acara ini, diharapkan para santri dapat mengambil itibar agar lebih optimal melatih diri untuk peningkatan Bahasa Arab dan Inggris mereka. Sehingga, lomba ini benar-benar mampu menunjang mutu bahasa di PMDG. Selain itu, mereka diharapkan mampu mengajarkan ilmu yang didapat di masyarakat kelak. fuadfahmi

 

Popular Articles