Date:

Share:

LIBURAN DI PONDOK MAKIN SERU…

Related Articles

DARUSSALAM–Direktur Kulliyyatu-l-Muallimin Al-Islamiyah, K.H. Masyudi Subari, M.A menyatakan bahwa liburan santri untuk semester pertama ini diselenggarakan di pondok, pernyataan beliau ini disampaikan langsung di depan para santri pada acara kumpul BPPM Pesan dan Nasehat Bapak Pimpinan hari Jumat malam (15/10).

Tapi bukan berarti keseruan para santri hilang begitu saja, seperti ungkapan pendiri Gontor “Al-ma’hadu la yanamu abadan, Pondok selamanya tidak tidur, mengartikan bahwa dalam waktu kapanpun, Gontor tidak akan pernah kehilangan kegiatan-kegiatan yang mengisi waktu para santrinya, bahkan ketika liburan sekalipun.

Dalam kurun waktu 11 hari ini, dimulai pada 9-19 Rabiul Awwal 1443 H, para santri diisi dengan berbagai macam kegiatan seperti lomba vokal grup antar rayon dan Gontor Olympiad, tak ketinggalan guru-guru KMI pun memiliki acara sendiri yaitu Teacher Music Festival (TMF), di tengah siswa akhir KMI yang sedang melaksanakan ujian akhir gelombang pertama di gedung Sudan dan Gedung Olahraga (GOR).

Vokal grup sendiri merupakan acara semesteran yang rutin diadakan di awal dan akhir tahun, dikarenakan untuk mengisi kekosongan pada liburan ini, serta acara yang begitu padat ketika akhir tahun, maka acara ini pun dipindahkan ketika liburan santri semester pertama ini, yang diadakan pada hari kedelapan di 16 Rabiul Awwal 1443 H. Acara ini bermaksud untuk memperkuat ukhuwah islamiyah terutama santri antar rayon yang dikemas dengan lomba paduan suara yang menarik.

Acara lainnya seperti Gontor Olympiad, merupakan kegiatan rutin sama seperti vokal grup, tetapi bedanya Gontor Olympiad ini dikhususkan dalam bidang olahraga, olahrasa, olahfikir, ketangkasan, game dan kepramukaan dan diperuntukkan untuk anggota rayon serta beberapa klub olahraga. Acara yang diadakan selama masa liburan ini akan berakhir pada hari ketujuh liburan yaitu pada tanggal 15 Rabiul Awwal 1443 H sekaligus pengumuman juara umum kepada rayon yang berhasil mendapat poin terbanyak.

Sedangkan untuk aktivitas OPPM yang biasanya dipegang oleh pengurus OPPM di setiap bagian oleh siswa kelas 6, pada liburan kali ini bapak pimpinan menunjuk kepada beberapa santri kelas 5 terpilih untuk mengurusi aktivitas OPPM yang berlangsung selama liburan ini dengan membentuk Panitia Liburan Awal Tahun. Hal ini menunjukkan bahwa pondok tidak pernah diam dalam aktivitasnya, roda pergerakan harus tetap berjalan, kaderisasi pun harus tetap terlaksana

Walaupun liburan di pondok, tetapi raut muka santri terlihat senang dan bergembira, pasti saja ada keseruan didalamnya, terkadang pada pagi hari para santri mengisinya dengan olahraga apapun yang bisa dilakukan di lapangan depan rayonnya masing-masing, seperti sepak bola, badminton, dan sebagainya, selain itu mereka pun diperbolehkan meminjam atau menyewa sepeda-sepeda yang disediakan staf pengasuhan santri, serta nonton bersama di beberapa wartel, serta di BPPM.

Bagi guru-guru KMI sendiri, mereka memiliki acara Teacher Music Festival (TMF) ajang bergengsi lomba musik antar angkatan yang merupakan ajang yang ditunggu oleh guru-guru KMI, mereka akan menunjukkan keterampilan dalam memainkan alat musik dengan membawakan beberapa lagu pilihan yang ditampilkan dalam sebuah pertunjukkan musik yang kreatif tetapi tetap mendidik. Acara ini sendiri dilaksanakan pada hari kesepuluh liburan di 18 Rabiul Awwal 1443 H di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM).

Seperti nasehat salah satu pimpinan Pondok Modern, K.H Akrim Mariyat

Liburan bukan berarti kosong, tetapi liburan adalah pergantian dari satu kegiatan ke kegiatan yang lain, tetap harus mengisi kekosongan itu, caranya banyak bisa baca Al-qur’an sebanyak-banyaknya, membaca buku, belajar berbahasa, dan sebagainya”

Ungkap K.H Akrim Mariyat pada perkumpulan BPPM kamis malam (14/10)

Tak luput K.H Hasan Abdullah Sahal pun memberikan nasehat “min husni islami-l-mar’i tarkuhu ma la ya’niihi, yang termasuk sebaik-baik orang islam yaitu yang meninggalkan apa yang tidak bermanfaat baginya” pada perkumpulan yang sama.

 

Oleh: Muhammad Shidqi Masyail

Editor: Al-Ustadz Muhammad Taufiq Affandi, M.Sc.

Related Articles:

Penghujung Acara Liburan, Vocal Group Antar Rayon Meriahkan Darussalam

Tidak Kalah Dengan Selebriti, Mahasiswa Guru Meriahkan Liburan Santri Dengan TMF

Isi Liburan Dengan Kegiatan Bermanfaat, Piala Juara Umum Gontor Olympiad Diserahkan Langsung Oleh Bapak Pimpinan

Popular Articles