Date:

Share:

Laboratory Science Expo 2018: Pameran Peralatan dan Karya Laboratorium Santri

Related Articles

Gontor-Santri tidak hanya bisa berkarya dalam seni lukis dan musik, tapi santri juga bisa berkarya dengan peralatan laboratorium. Jum’at (19/1) lalu, bertempat di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) KMI mengadakan Laboratory Science Expo (LSE) 2018. Expo ini memamerkan peralatan-peralatan Laboratorium dan hasil karya anggota kursus Exact selama praktek di laboratorium KMI. Dibuka langsung oleh Al-Ustadz Masyhudi Subari, M.A., Direktur KMI, beberapa poin yang beliau sampaikan adalah sebuah kesyukuran bahwa di PMDG ada sebagian orang yang menyukai bidang exact lebih dari santri lain, dan beliau menugaskan agar ada eksperimen baru pada setiap tahunya.

Acara ini berlangsung dari pukul 08.30 WIB sampai menjelang shalat Ashar. Terbagi menjadi 5 divisi: divisi kimia, divisi biologi, divisi fisika, divisi handycraft, dan perpustakaan eksak. Divisi yang paling banyak dikunjungi adalah divisi kimia karena banyak reaksi-reaksi kimia yang mengundang rasa ingin tahu. Salah satunya adalah “api monster”, ini adalah perpaduan gula dan soda kue, ketika keduanya disatukan lalu dibakar maka gula akan menjadi karamel dan soda kue membuat api membesar. Divisi selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah divisi biologi dimana santri dapat mengetahui golongan darahnya melalui tes darah.

Selain itu pada LSE 2018 juga diadakan Souvenir Shop yang tersedia macam-macam cinderamata khas kursus Exact, Pameran Markaz Khot, dan beberapa perlombaan serta mini games.

Bermotokan “By Experiment, we get on experience”, acara ini berlangsung ramai dan menarik. LSE 2018 ini adalah LSE yang ke-9, dan dari acara ini, banyak para santri yang mulai antusias dan tertarik dengan Exact. Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk membangkitkan semangat senang belajar eksak. Reyzin

Popular Articles