Date:

Share:

Kursus Mahir Tingkat Dasar Ciptkan Pramuka Sejati

Related Articles

GONTOR–Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) merupakan sarana pembentukan kader-kader pramuka muslim yang senantiasa berpegang teguh pada nilai, sunnah, dan identitas Gontor. Kegiatan yang diikuti oleh 836 orang santri kelas 5 KMI ini, berlokasi di Bumi Perkemahan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Kampus 2. Yang dibagi lagi menjadi sepuluh Unit, dengan tiap unit terdiri dari delapan Rukun Tetangga (RT).

Acara ini dibuka oleh Ustadz Sutrisno Ahmad Dipl.A, Wakil Direktur KMI, di depan Balai Pertemuan Pondok Modern Darussalam Gontor (BPPM) pada Senin (14/09). Dalam acara yang berlangsung selama satu minggu ini, para peserta ditempa untuk dapat menjadi Pembina di Gugus Depan 15089. Oleh karena itu para peserta KMD ini diberikan sepaket materi yang bersangkutan dengan kepramukaan.

Setiap paginya mereka mengadakan apel pembukaan, kemudian disusul dengan pemberian materi-materi sampai tiba waktu Dzuhur. Selepas Shalat Dzuhur, para peserta KMD masih harus mengikuti materi dari pukul 14.00-15.00. Kemudian dilanjutkan dengan Shalat Ashar berjama’ah di Masjid. Setelah Shalat Ashar para peserta KMD kembali mengikuti materi sore mulai pukul 15.30.16.30. Selepas materi sore, mereka bersiap untuk melaksanakan Shalat Maghrib berjama’ah. Dilanjutkan dengan makan dan Shalat Isya’.

Usai Shalat Isya’, para peserta KMD bergegas untuk mengikuti sesi latihan malam yang diadakan mulai pukul 19.45-21.30. Setelah itu, barulah mereka dapat menikmati istirahat di pulau kapuk. Seluruh rentetan acara ini bertujuan untuk memebentuk kepribadian Pembina pramuka yang tangguh dan militan.

Dan kegiatan Kursus Mahir Tingkat Dasar ini ditutup dengan acara yang sangat meriah sekali, yakni dengan adanya api unggu gembira. sahir8

Popular Articles