Date:

Share:

Kulliyatu-l-Muallimin Al-Islamiyah (KMI) Cetak Guru Gontor yang Unggul dan Berkualitas dengan Al-Tarbiyah Al-Amaliyah

Related Articles

DARUSSALAM-Untuk mencetak guru-guru yang unggul dan berkualitas, KMI Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) selalu mengadakan ujian praktek mengajar “Al-Tarbiyah Al-Amaliyah” bagi Siswa Akhir KMI. Kali ini, Virtuous Generation yang berjumlah 708 orang siswa diuji kualitas mengajarnya, mereka harus menjalani proses ini dengan penuh kesungguhan, karena syarat untuk menjadi alumni Gontor yaitu lulus dalam ujian praktik mengajar.

Al-Tarbiyah al-Amaliyah ini berlangsung selama 18 hari, mulai hari Sabtu-Kamis, 25 J. Ula-15 J. Tsaniyah 1442/9-28 Januari 2021. Diawali dengan review materi tarbiyah di tiap-tiap kelas, dilanjutkan dengan beberapa pengarahan tentang standarisasi Guru KMI PMDG serta tata cara mengajar yang baik dan benar.

Dalam pelaksanaannya, para siswa dibagi menjadi 47 kelompok. Setiap harinya ada 1-2 siswa yang melaksanakan ujian praktik mengajar di kelas-kelas dengan materi tertentu, serta dibimbing oleh 2-3 orang pembimbing dari guru KMI tahun ke-5 ke atas.

Seperti biasanya, sebelum ujian dilaksanakan perkelompok, diadakanlah al-Tarbiyah al-Amaliyah Perdana oleh 8 orang siswa akhir di tempat-tempat yang berbeda. Berikut adalah siswa akhir yang mendapat amanat untuk melaksanakan al-Tarbiyah al-Amaliyah Perdana tahun ini:

  1. Mohammad Mahasim Soleh/6-B/Balai Pertemuan Pondok Modern.
  2. Muhammad Rayza Fadilla/6-D/Aula Robithoh.
  3. Ahmad Syauqi Mahsin/6-C/Gedung Robithoh Lt. 1.
  4. Ahmad Fadgham Khaza’inullah/6-D/Gedung Olahraga.
  5. Krisna Mustofa Ari Suprapto/6-B/Aula Saudi Lt. 2.
  6. Andy Syafaat Hidayatullah Agus/6-F/Aula Saudi Lt. 3.
  7. Mohammad Mohtar Burhanuddin/6-D/Aula Saudi Lt. 3.
  8. Muhammad Harist Abdul Malik/6-E/Aula Pakistan.

 

Dalam ujian ini, banyak pelajaran berharga yang didapat oleh para siswa, salah satunya yaitu Dars al-Naqd. Mereka dilatih untuk memberikan kritik yang benar kepada para pengajar setelah melaksanakan al-Tarbiyah al-Amaliyah.

Alhamdulillah ujian praktik mengajar berjalan dengan lancar hingga usai. Setelah ini, mereka akan langsung dihadapi dengan ujian berikutnya, yaitu ujian lisan dan ujian tulis. Semoga siswa akhir KMI Virtuous Generation senantiasa diberikan kekuatan, kemudahan, dan kelancaran, serta mendapatkan hasil yang terbaik. rukh

Popular Articles