Date:

Share:

Kuliah Umum Kepondokmodernan Matangkan Persepsi Keluarga Besar PMDG

Related Articles

Darussalam–Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) menggelar Kuliah Umum Tentang Kepondokmodernan yang dimulai pada Ahad (27/6) pagi, tepat setelah Apel Tahunan berlangsung.

Kuliah umum sendiri merupakan salah satu acara terpenting dalam rentetan Khutbatul ‘Arsy. Di dalamnya dijelaskan seluk-beluk pondok secara umum dan menyeluruh. Daripada itu, seluruh keluarga besar PMDG wajib mengikutinya agar tidak salah persepsi dalam memahami pondok beserta nilai-nilainya.

Kuliah Umum dibagi menjadi empat babak, yang diadakan pada pagi dan malam, hari Ahad-Senin, 27-28 Juni 2021. Pada Babak I, K.H. Hasan Abdullah Sahal selaku Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor menjelaskan banyak hal tentang maksud dan tujuan diadakannya Khutbatu-l-‘Arsy. “Diadakannya Khutbatu-l-‘Arsy ini adalah supaya anak-anak tahu Gontor itu apa? PMDG itu apa?.” Ujar K.H. Hasan Abdullah Sahal dalam pidatonya.

Pada Babak II (Ahad Malam, 27 Juni 2021), Drs. K.H. Akrim Mariyat, Dipl. Ed. selaku Pimpinan PMDG menyampaikan materi, di antara yang beliau sampaikan adalah bahwa segala bentuk proses untuk menyukseskan acara pondok adalah pendidikan, dan beliau juga berpesan agar senantiasa bersyukur dan bersabar selama berjuang di pondok.

Pada Babak III (Senin Pagi, 28 Juni 2021), Prof. Dr. K.H. Hamid Fahmi Zarkasyi, M.A., M.Phil. sebagai Rektor Universitas Darussalam (Unida) Gontor menjelaskan tentang Unida Gontor, dari sejarah hingga perkembangannya sampai saat ini. Dilanjutkan setelah itu penjelasan tentang KMI oleh Direktur KMI, K.H. Masyhudi Subari, M.A. Diakhiri dengan tambahan materi oleh Pimpinan PMDG.

Pada Babak IV (Senin Malam, 28 Juni 2021), Pimpinan Pondok secara detail dan gamblang menjelaskan banyak hal tentang PMDG: sejarah berdiri, status, Lembaga-Lembaga di PMDG, dan lain-lain.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Keluarga Besar Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus Putra, dari santri baru hingga guru yang paling senior beserta para istri. Adapun kampus-kampus selain pusat mengikutinya secara daring. Rafas

Popular Articles