Date:

Share:

Kuliah Umum Awali Akademis Mahasiswa Guru

Related Articles

DARUSALAM–Guru Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) yang juga merangkap amanat sebagai mahasiswa di Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor mengawali kegiatan akademik mereka dengan kuliah umum pada hari Selasa (18/6) sore kemarin. Kuliah tersebut disampaikan oleh Al-Ustadz Dr. H. Sujiat Zubaidi Saleh, M.A. dengan materi yang berjudul منهجية القرآن في تأصيل مصادر المعرفة .

Kegiatan yang diadakan di Aula Rabithah tersebut sekaligus membuka tahun akademik UNIDA kampus Gontor periode 1440-1441/2019-2020. Setelah pembukaan itu, kegiatan perkuliahan para mahasiswa guru akan langsung berjalan aktif.

“Kegiatan perkuliahan akan langsung efektif setelah pembukaan kemarin, karena itu seluruh urusan administratif para mahasiswa guru harus segera diselesaikan sebelum acara itu” jelas Al-Ustadz Haqqi Maulana Zein, selaku salah satu staf Biro Administrasi Akademik Mahasiswa (BAAK) kampus Gontor. Maklumat tentang urusan keadministrasian berupa pembayaran daftar ulang dan pengumpulan Kartu Rencana Studi (KRS) telah disebar sejak beberapa hari sebelum pembukaan, sehingga mereka mampu melengkapi seluruh persyaratan sebelum tahun akademik baru dibuka.

Pembukaan yang dilaksanakan setelah waktu Ashar tersebut dihadiri oleh seluruh mahasiswa guru dari semester 3 dan 7, serta sebagian dari semester 5. “Seluruh mahasiswa guru dari semester satu masih menjalani rentetan kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK), karena itu mereka tidak hadir dalam acara kuliah umum berikut sebagian panitia dari semester 5.” Begitulah yang dikatakan oleh Al-Ustadz Achmad Ilham Akbar, selaku salah satu pengurus kegiatan OSPEK pada tahun ini.

Materi kuliah umum yang disampaikan Ustadz Sujiat menjabarkan tentang bagaimana seharusnya akal yang menjadi sumber pengetahuan manusia mampu dioptimalkan untuk mempelajari ilmu-ilmu kontemporer, sehingga kemudian tidak salah dalam mengambil kesimpulan tentang ilmu-ilmu tersebut. Diharapkan dengan tersampaikannya materi ini pada pembukaan tahun akademik yang baru, dapat memberikan stimulus bagi para mahasiswa guru untuk terus memotivasi diri mereka dalam perkuliahan dan berbagai kegiatan akademik lainnya; seperti kajian, diskusi, dan seminar-seminar, serta agar mereka mampu menyelesaikan studinya dengan baik.zahrulmuhsinin

Popular Articles