Date:

Share:

KPD Didik Pelatih Pembina Pramuka yang Dinamis dan Ideal

Related Articles

KPD Didik Pelatih yang Berkualitas 1
Suasana Pelatihan Pembina Pramuka di Gontor


DARUSSALAM
–Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelatih pembina pramuka, Majelis Pembimbing Koordinator Harian (Mabikori) Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengadakan Kursus Pelatih Tingkat Dasar (KPD). Acara yang mengusung motto “Dengan Semangat Jiwa Kepramukaan, Kita Bentuk Pelatih yang Dinamis dan Ideal” ini berlangsung selama tujuh hari, terhitung mulai Rabu (5/3) minggu lalu dan berakhir pada Rabu (12/5) ini.

Program pelatihan pembina pramuka ini bertempat di Wisma Darussalam, diikuti seluruh pembina pramuka Gugus Depan 15089 PMDG dan beberapa utusan dari Trenggalek, Blitar, Tulung Agung, dan Pondok Pesantren Darunnajah yang jumlahnya mencapai 53 orang. Para peserta ini telah memenuhi syarat-syarat keikutsertaan yang ditentukan panitia pelaksana. Selain diharuskan memenuhi administrasi, para peserta disyaratkan telah mengikuti Kursus Mahir Tingkat Lanjutan (KML) dan aktif membina kegiatan pramuka dalam jangka waktu minimal tiga bulan.

Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur (Jatim) ditunjuk sebagai penyelenggara yang berwenang dan bertanggung jawab atas kegiatan ini. Selanjutnya, tugas ini dilimpahkan kepada panitia pelaksana yang ditentukan oleh Mabikori PMDG.

Adapun para pelatih yang terlibat sebagai tutor pada KPD kali ini terdiri dari lulusan Kursus Pelatih Lanjutan (KPL) Kwarda Jatim dan lulusan KPD Kwarda Jatim, serta dibantu para asisten pelatih yang terdiri dari para pembina pramuka lulusan KPD Kwartir Cabang (Kwarcab) Ponorogo. Dalam penyampaian materi kurikulum pelatihan, para pelatih membaginya menjadi tiga babak, yaitu Babak Penghantar, Babak Inti, dan Babak Pelengkap.

Paket materi latihan disesuaikan dengan Lampiran Nomor II Keputusan Kwartir Gerakan Pramuka Nomor 058 Tahun 1980 tentang Progam Induk Pendidikan Kursus Pelatih Tingkat Dasar. Secara umum, materi-materi tersebut mencakup Materi Pokok, Metode Kepelatihan, Pengembangan Media dan Penyusunan Perencanaan Kepelatihan, Praktik Melatih (Ruangan), Dinamika Kelompok, Jiwa Pelatih, Peran dan Tugas Pelatih, Komunikasi dan Berbicara, Praktik Melatih (Lapangan), Manajemen Konflik dan Perencanaan Kegiatan Alam, Buka Sasaran Kursus, Lokakarya Kepelatihan, Organisasi dan Administrasi Kepelatihan, dan juga Praktik Melatih (Fasilitator Diskusi). ikami86

 

Popular Articles