Date:

Share:

Koordinator Buka Kursus Repling

Related Articles

KAMPUNG DAMAI—Akhir pekan ini, Jum'at (22/5), Koordinator Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) 15089 membuka kursus repling bagi seluruh santri se-Darussalam. Program ini dilaksanakan Dewan Kerja Koordinator (DKK) yang menjadi penanggung jawab pendaftaran para peserta kursus.


Sebelumnya, menurut Seno Arif Amrullah, ketua DKK, kursus ini sempat terhenti beberapa tahun. Terakhir kalinya diadakan pada tahun 2006 silam. Sekarang DKK mempunyai komunitas Santri Pecinta Alam (Sanpala) yang akan menghidupkan kembali kegiatan repling yang sempat hilang itu.
 
Adapun berkenaan dengan kegiatan kursus, rencananya, DKK akan memberi materi terlebih dahulu sebelum praktek repling dilaksanakan. Seperti yang dijadwalkan, pemberian materi diadakan pada hari Sabtu, Ahad dan Selasa setelah shalat Ashar. Sedangkan untuk praktek repling, DKK memberi tanggung jawab sepenuhnya komunitas Sanpala yang diketuai Dindin, siswa kelas 1 intensif B, untuk melatih mereka pada saat praktek. Untuk tempat praktek, Sanpala menggunakan Gedung 17 Agustus dan Gedung Baru Sudan dengan menggunakan tujuh macam alat repling.
 
“Prakteknya diadakan pada hari Kamis dan Jum’at. Waktu praktek adalah selama kegiatan pramuka pada hari Kamis siang. Sedangkan pada hari Jum’at diadakan di waktu pagi dan sore,” tutur Seno.

Adapun biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti kursus repling ini adalah sebesar Rp 15 ribu. Biaya pendaftaran tersebut akan digunakan untuk pemeliharaan alat, inventarisasi, pembuatan stiker dan konsumsi. Hingga berita ini ditulis, Selasa (2/6), peserta kursus yang telah mendaftar berjumlah 15 orang. “Untuk para peserta yang telah terdaftar, kami harapkan ketekunannya dalam berlatih dan senantiasa mengingat teori yang kami berikan dalam setiap session,” pesan siswa yang kini duduk di kelas 3-C ini di akhir wawancara.

Popular Articles